Pengembangan Website KHIMADTHA Berbasis Google Sites dengan Integrasi E-Comic dan Game Educandy sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran PAI Kelas 4 SD

Authors

  • Ifa Unifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rijkha Silpiya Nur Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rijal Rudiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24533

Keywords:

E-Comic, Educandy, Interactive Learning

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas e-comic berbasis Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif dalam mengajarkan sejarah hijrah Nabi Muhammad ke Thaif. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, pre-test, post-test, dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji N-Gain, di mana 3 siswa masuk dalam kategori tinggi, 12 siswa dalam kategori sedang, dan 3 siswa dalam kategori rendah. Meskipun hasilnya positif, masih diperlukan perbaikan dalam kualitas visual, aksesibilitas teknis, dan variasi latihan interaktif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran. Penelitian selanjutnya disarankan untuk berfokus pada efektivitas jangka panjang dan keterlibatan siswa dalam media pembelajaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749

Abidin, Y., Nailul, S., Aljamaliah, M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242.

Aeni, A. N., Abdullah, M., Fitriyatunnisa, F., Wulan, N., & Zahra, S. A. (2024). Development of Google Sites-Based Learning Media for Islamic Education Learning in Elementary Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 742. Retrieved from https://doi.org/10.35723/ajie.v8i2.594

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. Retrieved from https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. Retrieved from https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Aeni, A. N., Nursyafitri, A. A., Fachrina, A. Z., Putri, T. A., Nur, A., Zulfiany, A.-A., … Putri, N.-T. A. (2022). PENGEMBANGAN WEBSITE CARRD SEBAGAI SARANA DAKWAH UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH BAGI SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal At-Tsiqah (Dakwah dan Ekonomi (Vol. 7).

Almahera, A. F., Jauhari, N., & Nafi’ah, U. (n.d.). E-modul Sejarah sebagai inovasi bahan ajar digital berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(2), 94–103. Retrieved from https://doi.org/10.17977/um063v3i22023p94-103

Ayuningtyas, T., Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2022). Meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi melalui workshop adaptasi teknologi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 149–159. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.52260

Elsya Putra, R., Simatupang, W., Irfan, D., Muskhir, M., Studi Pendidikan Teknologi Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, P., Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Muhammadiyah Batam, P., … Riau, K. (n.d.). PENGUJIAN SISTEM INFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR KOMPUTER BERBASIS GOOGLE SITE MENGGUNAKAN TES BLACK BOX. Jurnal Sistem Informasi (Vol. 4).

Halima, R. A., Mustofa, T. A., & Azani, M. Z. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 15852–15861. Retrieved from https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.13722

Hidayat SMP Negeri, F., Jl Cihanjuang No, P., Rahayu, C., Parongpong, K., Bandung Barat, K., Nizar SMAN, M., … Barat, J. (n.d.). MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) MODEL IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING.

Kharisma Dewi, A., Setyorini, C., & Zahro, F. (n.d.). Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6 (SNIP 2022) SHEs: Conference Series 6 (1) (2023) 250-257 EDUCANDY: Innovation of 21st Century Learning Media to Increase Student Learning Outcomes. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/shes

Oktavia, M., & Teja Prasasty, A. (n.d.). UJI NORMALITAS GAIN UNTUK PEMANTAPAN DAN MODUL DENGAN ONE GROUP PRE AND POST TEST. Retrieved from https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Downloads

Published

2025-06-07