PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ESAI DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER SISWA KELAS XII
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24547Abstract
Penerapan film dokumeter digunakan pada media pembelajaran masih belum terlalu banyak diterapkan. Padahal potensi yang ada pada film dokumenter tidak kalah dengan media yang lainnya. Film dokum enter dapat digunakan sebagai pemantik dalam kegiatan pembelajaran materi menulis teks esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian perpustakaan dan diuraikan dengan cara dekriptif. Dengan berfokus pada penelitian dan jurnal artikel yang terbit 10 tahun terakhir, dari 2014-2024. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA. Kegiatan yang dilakukan pada pembelajaran menulis teks esai dengan media film dokumenter ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, kemudian refleksi. Pada artikel penelitian kajian pustaka ini berisi pengenalan konsep film dokumenter, strategi penerapan film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks esai, studi kasus atau penelitian terkait, tantangan dan solusi. Penelitian ini menjadi salah satu opsi untuk guru supaya dapat memanfaatkan media film dokumenter dalam proses pembelajaran menulis sebagai pemantik untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik secara keseluruhan.Downloads
References
Andriani, A., Sahabuddin, C., & Azis, S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Prosiding, 3(1). Ati, A. P., Cleopatra, M., & Widiyarto, S. (2020). Strategi pembelajaran dan pengajaran menulis bahasa Indonesia: Tantangan di era revolusi industri 4.0. Prosiding Samasta Dewantara, A. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). Dian Rahmawati, R., & Shofiyani, A. (2020). Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Education and Development, 8(3), 298-298. Firmansyah, A. (2021). Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 60-65. Oktoma, E., & Amalia, D. R. (2018). Strategi menulis yang digunakan oleh mahasiswa dalam esai argumentatif. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1). Rikarno, R. (2015). Film dokumenter sebagai sumber belajar siswa. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 17(1), 129-149. Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). Rosyidatul, U., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2019). Pembelajaran Menulis Esai Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Media Video Di Kelas XI SMA Darul ‘Ulum Sugio. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(2), 128-132. Sau, F. (2020). Penerapan Media Film Pendek Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Esai Pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Pontianak. Jambura Journal of linguistics and Literature, 1(1). Srinawati, E. Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Esai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Film Pendek. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 25-29. Triandy, R. (2017). Pembelajaran Mengidentifikasi Ide Pokok Dalam Artikel Dengan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung: Metode Inquiry: Ide Pokok: Teks Artikel. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Vol. 7 No. 2, 143-152. Winardi, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Kelas X Mipa-3 Sma Negeri 4 Pekalongan Tahun 2016. JIPSINDO, 5 (1), 81.Daring Di Smpn 15 Malang. IJCD: Indonesian Journal Of Community Dedication, 1(1). Https://Doi.Org/. Https://Doi.Org/10.61214/Ijcd.V1i1.11
Wijayanto, A. (2021). Yang Terdepan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring.
Yuniarti, Haryadi, & Haryati, N. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73. https://doi.org/10.30659/jpbi.9.2.73-81
Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73. https://doi.org/10.30659/jpbi.9.2.73-81
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.