INOVASI DI ERA DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24561Keywords:
Media sosia, pembelajaran, InovasiAbstract
Abstark :Tujuan Penelitian ini untuk mengeksplorasi potensi platform media sosial seperti Tiktok, YouTube, dan Instagram pada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada tinjauan literatur pustaka dengan mengkaji bagaimana media sosial di gunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyatuan media sosial ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik untuk mengintegrasikan media sosial ke dalam proses pembelajaran, diharapkan dapat tercipta metode pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih efektif dan relevan bagi generasi mudaDownloads
References
ndriyani, L. (2019). Pemanfaatan
Media Pembelajaran Dalam
Proses Belajar Untuk.
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan, 2(1), 19.
-Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A.
(2020). Implemntasi Teori
Belajar Konstruktivisme
Vygotsky Pada Mata Pelajaran
Pai Di SMA Sains Qur`An
Yogyakata. Belajea; Jurnal
Pendidikan Islam, 5(1), 113.
https://doi.org/10.29240/belaje
a.v5i1.1423
Mutoharoh Tryas. (2022).
Pemanfaatan Aplikasi Youtube
untuk Media Pembelajaran.
Jubah Raja (Jurnal Bahasa,
Sastra, Dan Pengajaran),
1(November), 97–102.
Nasution, S. O., Sholikhah, S.,
Sitorus, A.-Z., & Pitriyani, R.
(2022). Implementasi Aplikasi
Tik-Tok Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa
Indonesia.
Ramdani, N. S., Nugraha, H., &
Hadiapurwa, A. (2021). Potensi
Pemanfaatan Media Sosial
Tiktok Sebagai Media
Pembelajaran Dalam
Pembelajaran Daring.
Akademika, 10(02), 425–436.
https://doi.org/10.34005/akade
mika.v10i02.1406
Rasyid Julianto, I. (2023). Potensi
Aplikasi Twitter Dan Tiktok
Sebagai Media Pembelajaran
Digital Bahasa Indonesia.
DIALEKTIKA Jurnal
Pendidikan Bahasa Indonesia,
2(2), 1–15.
Sistadewi, M. (2019). Penggunaan
Media Youtube dalam
Pembelajaran Bahasa
Indonesia Pada Masa Sekolah
Tatap Muka Terbatas. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Bahasa Indonesia, 10(2), 186–
194.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom,
M. (2021). Pemanfaatan Media
YouTube sebagai Media
Pembelajaran pada Siswa
Kelas XII MIPA di SMA Negeri
1 Tawangsari. Media Penelitian
Pendidikan : Jurnal Penelitian
Dalam Bidang Pendidikan Dan
Pengajaran, 15(1), 26–30.
https://doi.org/10.26877/mpp.v
15i1.7531
Tri Ayu Mareta, Desty Endrawati
Subroto, Lailaturrohmah Aulia,
Siti Nuryanah, & Ratu Najwa
Fadilah. (2025). Peran Media
Sosial Youtube sebagai Media
Edukasi dalam Pendidikan
Generasi Z. Guruku: Jurnal
Pendidikan dan Sosial
Humaniora, 3(1), 98–106.
https://doi.org/10.59061/guruk
u.v3i1.894
Wahyuni Oktavia, S., & Kunci, K.
(2015). Inovasi Model
Partisipasi Solusi (Partisol)
Untuk Meningkatkan
Keterampilan Berbicara Siswa.
Seminar Nasional Pendidikan
Bahasa Indonesia, 2477–2636.
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019).
Pemanfaat Sosial Media
Youtube Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa
Indonesia DI Perguruan Tinggi.
Inteligensi : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 1(2), 1–7.
https://doi.org/10.33366/ilg.v1i
2.1356
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.