INOVASI DI ERA DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Makassar
  • Jul Mike Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24561

Keywords:

Media sosia, pembelajaran, Inovasi

Abstract

Abstark :Tujuan Penelitian ini untuk mengeksplorasi potensi platform media sosial seperti Tiktok, YouTube, dan Instagram pada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada tinjauan literatur pustaka dengan mengkaji bagaimana media sosial di gunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyatuan media sosial ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik untuk mengintegrasikan media sosial ke dalam proses pembelajaran, diharapkan dapat tercipta metode pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih efektif dan relevan bagi generasi muda

Downloads

Download data is not yet available.

References

ndriyani, L. (2019). Pemanfaatan

Media Pembelajaran Dalam

Proses Belajar Untuk.

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan, 2(1), 19.

-Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A.

(2020). Implemntasi Teori

Belajar Konstruktivisme

Vygotsky Pada Mata Pelajaran

Pai Di SMA Sains Qur`An

Yogyakata. Belajea; Jurnal

Pendidikan Islam, 5(1), 113.

https://doi.org/10.29240/belaje

a.v5i1.1423

Mutoharoh Tryas. (2022).

Pemanfaatan Aplikasi Youtube

untuk Media Pembelajaran.

Jubah Raja (Jurnal Bahasa,

Sastra, Dan Pengajaran),

1(November), 97–102.

Nasution, S. O., Sholikhah, S.,

Sitorus, A.-Z., & Pitriyani, R.

(2022). Implementasi Aplikasi

Tik-Tok Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa

Indonesia.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., &

Hadiapurwa, A. (2021). Potensi

Pemanfaatan Media Sosial

Tiktok Sebagai Media

Pembelajaran Dalam

Pembelajaran Daring.

Akademika, 10(02), 425–436.

https://doi.org/10.34005/akade

mika.v10i02.1406

Rasyid Julianto, I. (2023). Potensi

Aplikasi Twitter Dan Tiktok

Sebagai Media Pembelajaran

Digital Bahasa Indonesia.

DIALEKTIKA Jurnal

Pendidikan Bahasa Indonesia,

2(2), 1–15.

Sistadewi, M. (2019). Penggunaan

Media Youtube dalam

Pembelajaran Bahasa

Indonesia Pada Masa Sekolah

Tatap Muka Terbatas. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Bahasa Indonesia, 10(2), 186–

194.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom,

M. (2021). Pemanfaatan Media

YouTube sebagai Media

Pembelajaran pada Siswa

Kelas XII MIPA di SMA Negeri

1 Tawangsari. Media Penelitian

Pendidikan : Jurnal Penelitian

Dalam Bidang Pendidikan Dan

Pengajaran, 15(1), 26–30.

https://doi.org/10.26877/mpp.v

15i1.7531

Tri Ayu Mareta, Desty Endrawati

Subroto, Lailaturrohmah Aulia,

Siti Nuryanah, & Ratu Najwa

Fadilah. (2025). Peran Media

Sosial Youtube sebagai Media

Edukasi dalam Pendidikan

Generasi Z. Guruku: Jurnal

Pendidikan dan Sosial

Humaniora, 3(1), 98–106.

https://doi.org/10.59061/guruk

u.v3i1.894

Wahyuni Oktavia, S., & Kunci, K.

(2015). Inovasi Model

Partisipasi Solusi (Partisol)

Untuk Meningkatkan

Keterampilan Berbicara Siswa.

Seminar Nasional Pendidikan

Bahasa Indonesia, 2477–2636.

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019).

Pemanfaat Sosial Media

Youtube Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa

Indonesia DI Perguruan Tinggi.

Inteligensi : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 1(2), 1–7.

https://doi.org/10.33366/ilg.v1i

2.1356

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>