PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24572Keywords:
Technology, listening, speaking, educationAbstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah banyak menghasilkan inovasi- inovasi baru guna menunjang proses pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam era digital yang semakin maju, teknologi telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa telah memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan keterampilan mendengarkan dan berbicara. Teknologi telah membawa berbagai manfaat dalam pembelajaran bahasa, terutama dalam hal mendengarkan dan berbicara. Dengan memanfaatkan berbagai alat dan platform digital, siswa dapat memperoleh manfaat yang besar dalam memahami dan menggunakan bahasa dengan lebih efektif. Menyimak dapat dikatakan suatu ‘proses’ karena dilakukan melalui beberapa tahapan. Proses menyimak terjadi ketika seseorang dapat menyerap informasi dari informan dengan baik. Adapun tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana peran teknologi dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara. Metode penulisan artikel ini menggunakan metode kajian literatur.Downloads
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133.
Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012.
Amelia, A. & R. (2021). Digitalisasi dan Pembelajaran Bahasa di Era Digital. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (SELASAR), 1, 100.
Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2 023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35.
Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnla Pedais , 1(1), 44–55.
Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127.
Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108–117.
Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di PGSD. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (ELIC 2017), 173–177.
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52.
Rahayu, M., Rusdiyani, I., & Fadlullah, F. (2022). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 8(2), 108.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.