INTEGRASI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24585Keywords:
Literasi Budaya, Literasi Kewargaan,Abstract
Integrasi literasi budaya dan kewargaan secara signifikan berkontribusi pada kerangka pendidikan di sekolah dasar di Indonesia. Mengingat keragaman bangsa, dengan lebih dari 1.300 kelompok etnis dan 700 bahasa yang berbeda, sangat pentong bagi kaum muda untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang warisan budaya mereka yang kaya. Literasi budaya membekali peserta didik dengan kemampuan untuk memahami, menghargai, dan memelihara identitas budaya mereka sendiri dan orang lain, sementara literasi kewargaan mencakup kesadaran akan hak dan tanggung jawab yang melekat pada kewarganegaraan dengan menggunakan metodologi pendidikan interaktif dan kolaboratif, diantisipasi bahwa siswa akan menumbuhkan disposisi toleransi dan memberikan kontribusi konstruktif kepada masyarakat.Downloads
References
Amelia, I. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter dan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tumang. 7(3), 754–764. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.787
Asti Widiastuti, Farina Trias Alwasi, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Upaya Mempertahankan Kebudayaan Di Tengah Kemajemukan Masyarakat Indonesia. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.192
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Febrianti, F. A., Rokhmaniyah, Salimi, M., & Asy’ari, L. (2024). Analisis Kebutuhan Buku Digital Berbasis Etnotematik untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan. 7(3), 694–703.
Febrianty, Y., Pitoyo, D., Masri, F. A., Anggreni, M. A., & Abidin, Z. (2023). Peran Kearifan Lokal dalam Membangun Identitas Budaya dan Kebangsaan. El-Hekam: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 168–181.
Hadiansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A. an A., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2022). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Haniifah, A., Harsan, T., & Murtiningsih, I. (2024). Efektivitas Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Meningkatkan Kebhinekaan Global di SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5792–5803. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7529
Luthfia, R. A., & Dewi, D. A. (2021). Kajian Deskriptif tentang Identitas Nasional Untuk Integrasi Bangsa Indonesia. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(11), 391–397. https://doi.org/10.56393/decive.v1i11.270
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global Di SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 67–76. https://doi.org/10.47178/15f32d10
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Setyawati, A. P., & Aulia, S. S. (2023). Strategi Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Peningkatan Variasi Sumber Belajar di Desa Budaya Bangunjiwo. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 233. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.49790
Vijayantera, I. W. A. (2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 3 (September, 2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 22–28.
Wigati, K. D. W., Nugroho, W., & Pratiwi, D. J. (2024). Pengembangan Media Digital Nesia Berbasis Mobile Phone untuk Meningkatkan Literasi Kewargaan pada Materi Negaraku Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 3903–3913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8430
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 22–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.