MODEL PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF BERBASIS PROJEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL HIDAYAH PAKUNIRAN PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24602Keywords:
Project-Based Transformative Learning Model, Creativity, Social SkillsAbstract
Model pembelajaran ini dirancang untuk mendorong siswa agar lebih aktif, kreatif, dan kolaboratif dalam mengembangkan ide-ide dan menyelesaikan proyek yang berkaitan dengan materi Pelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Transformatif Berbasis Proyek dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Hidayah Pakuniran Probolinggo. Melalui pendekatan berbasis proyek, siswa dilibatkan dalam aktivitas yang mengintegrasikan teori dengan praktik, serta bekerja dalam kelompok untuk menghasilkan solusi atau produk yang berkaitan dengan masalah nyata di sekitar siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi proses dan hasil dari penerapan model pembelajaran tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil proyek yang dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa, di mana siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis, inovasi, dan keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik. Selain itu, keterampilan sosial siswa juga berkembang pesat, terutama dalam aspek kolaborasi, komunikasi, dan penyelesaian konflik dalam kelompok. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu, sumber daya, perbedaan kemampuan siswa, motivasi, pengelolaan kelas dan evaluasi hasil proyek tetap menjadi hambatan yang perlu diatasi untuk mencapai hasil yang optimal. Secara keseluruhan, model pembelajaran ini memberikan dampak positif yang signifikan dalam menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, serta menyiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan dengan keterampilan yang lebih holistik.Downloads
References
Buku :
Masruhim, A., & Sjamsir, H. (2025). Model Manajemen Pembelajaran Rabbani: Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Peningkatan Karakter Mahasiswa. Indonesia Emas Group.
Sadikin, A., & Siburian, J. (2024). Model Pembelajaran Biologi Berbasis Kemampuan 4c. PT Salim Media Indonesia.
Skripsi :
Asyhar, M. S. (2024). pengembangan model pembelajaran problem based learning (PBL) normal delivery untuk meningkatkan kemampuan task kill mahasiswa pada mata kuliah asuhan kebidanan persalinan. tarbiat modares university journals system.
Jurnal :
Adika, D., Arsyad, M., Akmal, S., Sahetapy, M., Nurkhamidah, N., Muntafi’ah, L. N., Wahud, F., Munawar, B., Saryoko, A., & Riyadi, D. N. (2024). Teknologi Pembelajaran di Era Society 5.0. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Farida, N., Ksvara, R. A., Safitrianingrum, A., Dhika, D. F., Ariyani, D. Y., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di Jogja Green School: Integrasi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 65–74.
Fitriyani, T., Pujiasti, D. A., & Hakim, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Materi KerajinanTangan Dari Tulang Daun SDN 07 Regol. Bale Aksara, 5(1), 1–14.
Griha, I., Isa, T., Sukabumi, U. M., & Sukabumi, K. (2017). Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 08(03), 171–180.
Jannah, A. I., Destiawan, F. S., Gina, O. N., & Azkia, Z. N. (2025). Enhancing accounting learning with curriculum and library support at SMK Daarut Tauhiid. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 67–80.
Mahardika, I. G. B. A. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk Menumbuhkan Karakter Religius di SD Negeri 21 Dangin Puri. Acintya: Jurnal Teologi, Filsafat Dan Studi Agama, 1(1), 183–204.
Marpaung, A. T. A., Manihuruk, I., Hutabarat, M. M., Tambunan, R. P., Manurung, R. A., Siahaan, W. A., & Harahap, S. H. (2024). Peningkatan Keterampilan Literasi Melalui Pembelajaran Puisi Berbasis Proyek. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16958–16966.
Masrurah, U., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam peningkatan literasi peserta didik di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 340–356.
Maulida, R., Faridah, E., & Surya, E. (2024). Project Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(2), 199–210.
Ngatminiati, Y., Hidayah, Y., & Suhono, S. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8210–8216.
Nurjannah, N. (2022). Tantangan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan literasi digital serta pembentukan karakter peserta didik di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844–6854.
Putra, D. A., Muhimmah, R., Ajijah, N. C., & Murni, A. W. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Materi Rangka Sendi dan Otot terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SD. Journal of Science and Education Research, 4(1), 79–85.
Rosiana, G. (2024). Model Pembelajaran Threaded untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 18(2), 381–390.
Saleha, L. (2023). Servant Leadership : Maintaining Teacher Commitment And Building Community Trust. Journal of Journal of Social Studies and Education, 01(01), 14–25.
Sari, F., Sesmiarni, Z., & Febriani, S. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 5 Payakumbuh. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 281–288.
Sukmawati, C., & Herawan, E. (2016). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen Guru Dan Mutu Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 20–28. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1548
Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui literasi kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 245–256.
Widat, F., Saleha, L., Zainiyah, A., & Aisyah, S. N. (2022). The “Aku Bisa” Program; Efforts to Train Early Childhood Independence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3218–3231.
Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.