PENGARUH EDUKASI GIZI KEPADA ORANG TUA BALITA MELALUI MENU BENTO PADA USIA 4-5 TAHUN DI KB TUNAS MULIA

Authors

  • Siti Anisa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institusi Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Aries Dirgayunita Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institusi Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24603

Keywords:

nutrition education, bento menu, parents, early childhood, balanced nutrition

Abstract

Pengenalan gizi seimbang pada anak usia dini merupakan langkah penting untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal, khususnya dalam masa "golden age" yang sangat krusial bagi perkembangan fisik dan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi kepada orang tua balita melalui penyusunan menu bento di KB Tunas Mulia, Desa Bulujaran Kidul, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental berupa pretest dan posttest tanpa kelompok kontrol. Sampel berjumlah 25 orang tua siswa, dan data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk serta uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan orang tua setelah diberikan intervensi edukasi gizi. Nilai median pengetahuan meningkat dari 5 menjadi 8. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p < 0,001, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan orang tua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyusunan menu bento sebagai media edukasi efektif dalam meningkatkan pemahaman orang tua mengenai gizi seimbang bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Haryono, P., Judijanto, L., Maidartati, M., Heriani, D., & Aryanti, N. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Usia Dini: Konsep, Teori & Perkembangan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Wulan, N. (2024). Norma Maskulinitas pada Masa Orde Baru-Membaca Sastra Anak dan Remaja Indonesia dalam Perspektif Kajian Maskulinitas. Airlangga University Press.

Skripsi :

Fauza, F. (2024). Pengasuhan Pada Anak Usia Dini Yang Mengalami Stunting Di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat. Universitas Medan Area.

Salsabila, F. H. (2025). Strategi Orang Tua Dalam Membiasakan Makanan Sehat Pada Anak Usia 1-3 Tahun di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jurnal :

Abdullah, D., Vani, A. T., Dewi, N. P., & Mulyadi, M. F. (2024). Sosialisasi Makanan Bergizi Dan Dampaknya Terhadap Stunting Pada Anak. Nusantara Hasana Journal, 4(7), 29–35.

Amalia, H., & Azira, S. P. (2025). Pengasuhan dan Perkembangan Anak: Peranan Pengasuhan Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Tahap Operasional Konkret (Usia 7-11 Tahun). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 96–103.

Anugrah, I. K. L. S., Ilham, M., & Karno, K. (2025). Efektivitas Penanganan Stunting Di Kabupaten Tulang Bawang. Jurnal Kajian Pemerintah: Journal of Government, Social and Politics, 11(2), 52–66.

Artanti, S., & Prajayanti, H. (2025). Analisis Pengetahuan Ibu dan Usia Balita terhadap Kunjungan Posyandu Era New Normal Kota Pekalongan. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 12(1), 72–92.

Emmaria, R., Sinaga, K., Manurung, B., Tobing, R. A. L., Lubis, R. D., & Sihombing, P. A. (2024). Edukasi Penanganan dan Pencegahan Gizi Kurang Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Rantang Kota Medan Tahun 2024. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(4), 1309–1314.

Faraz, N., Listyaningsih, B. T., & Anugrahana, A. (2024). Human Tendencies Pada Anak Usia 0-6 Tahun Dengan Metode Montessori: Studi Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7896–7915.

Farida, N., Ksvara, R. A., Safitrianingrum, A., Dhika, D. F., Ariyani, D. Y., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di Jogja Green School: Integrasi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 65–74.

Firdaussi, F. N., Khaerunisa, N., & Muniroh, S. M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pemenuhan Gizi Seimbang Sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Mayangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1, 683–691.

Istiqomah, A., Amali, R. A., & Tiawati, S. (2024). Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita. Antigen: Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Ilmu Gizi, 2(2), 67–74.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 109–124. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792

Modjo, U. (2018). MODEL SUPERVISI PEMBELAJARAN MOLIT’O PAUD. Jurnal Ilmiah, 13(1), 61–66.

Oktaviani, D. A., Nadhiroh, S. R., SM, T. S., & Tsaqifah, H. (2024). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Status Gizi Balita: Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 383–392.

Putri, R. N. R., & Santoso, B. (2025). Analisis Makna pada Bento sebagai Komunikasi Nonverbal dalam Film Bento Harassment Melalui Teori Semiotika Roland Barthes. KIRYOKU, 9(1), 304–318.

Rakhman, A., Huljannah, M., Nadila, D., Aiman, U., Hijrah, H., Nurulfuadi, N., Fitrasyah, S. I., & Ariani, A. (2024). Pengaruh Media Puzzle Isi Piringku Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Asupan Energi, Dan Status Gizi Pada Siswa Kelas 4 dan 5 SDN 21 Banawa Selatan. Jurnal Gizi Kerja Dan Produktivitas, 5(2), 202–214.

Saleha, L., Baharun, H., & Utami, W. T. (2022). Implementation of Digital Literacy in Indonesia Early Childhood Education. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v4i1.894

Salsala, A. Z., Andrisyah, A., & Musfita, R. (2025). Hubungan Penyajian Bekal Makanan (Bento) dengan Pendekatan Ibu dan Anak di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 8(2), 242–250.

Setiaarwati, A., & Wahyudin, E. (2024). Pemberian Asupan Gizi Seimbang terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Diksi: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 3(2), 143–162.

Winarti, E., & Sunarto, T. (2024). Partisipasi Dan Keterlibatan Masyarakat Dalam Implementasi Program 1000 Hari Pertama Kehidupan Di Puskesmas: Pendekatan Teori Perilaku Terencana (Theory Of Planned Behavior). Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 566–587.

Yanti, S. N., Fitri, F., Putri, V. M., Maswar, R., Haramain, G., & Yulianti, R. S. (2024). Meningkatkan Pemahaman Pentingnya Makan Makanan Bergizi Seimbang melalui Kegiatan Makan Bersama di RA Al-Qur’an Kecamatan Benteng. Journal of Education Research, 5(4), 5840–5848.

Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395.

Downloads

Published

2025-05-29