Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SD Negeri Sidorejo
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24605Keywords:
Mathematical Fraction Material, Students difficulties, Story QuestionAbstract
Soal cerita dalam pembelajaran matematika memiliki kesulitan tersendiri karena memerlukan pemahaman mendalam yang tidak hanya terhadap konsep matematika tetapi juga informasi yang disajikan dalam konteks dan dalam format naratif. Padahal pembelajaran matematika dapat berguna dalam kehidupan sehari hari. Penyelesaian permasalahan matematika dalam kehidupan sehari hari biasanya disajikan dalam bentuk soal cerita. Oleh karenya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pecahan dan strategi guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Sample penelitian ditentukan menggunakan teknik non-random sampling Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kesulitan siswa kelas III SD Negeri Siderejo dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan adalah disebabkan oleh konsep cerita pada materi pecahan matematika yang masih bersifat abstrak, sehingga apabila siswa tidak memiliki kemampuan membaca dan memahami teks maka siswa tersebut sangat kesulitan dalam memahami maksud dari soal cerita yang disajikan. Dengan demikian guru menerapkan strategi berupa penggunaan alat bantu visual dalam bentuk gambar, diagram atau benda konkret agar siswa lebih mudah dalam memahami maksud yang terdapat pada teks soal cerita pecahan matematika.Downloads
References
Amalia, R., & Sofiyan, S. (2018). Virtual Manipulatives pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 1(02), Article 02.
Anggelina. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1). Retrieved from https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/2683
Aristiantika, R., & Widiono, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Al-Islam Pengkol Jepara. 7(4).
Badriyah, N., Sukamto, S., & Eka Subekti, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10–15. doi: 10.33084/pedagogik.v15i1.1279
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. doi: 10.31004/cendekia.v3i2.110
Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435–444. doi: 10.31980/plusminus.v1i3.947
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irsyad, W., Putra, V. S., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Upaya Mengatasinya (Studi Kasus Di MTs. Nurul Ilmi Salimpat). JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 9(1), 97. doi: 10.31602/jbkr.v9i1.11074
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. doi: 10.54371/jiip.v4i5.497
Kosim, A., et al. 2024.Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Dalam Keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 2(1)
Krisno, B, P., Y.L. Sukestiyarno & A. Nur Cahyono. 2019. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasan Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Muthi’ah Lathifah, & Yakobus Ndona. (2024). Peran Pendidikan Dalam Membangun Kemanusiaan Yang Beradab. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 184–193. doi: 10.55606/lencana.v2i3.3764
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js Jurnal Sekolah, 4(3), 267. doi: 10.24114/js.v4i3.18940
Putri Rahminda, Aziva Umairoh, & Witri Islaura W. (2023). Menilai Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Dan Kredibilitas Individu. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 73–77. doi: 10.55606/sokoguru.v3i3.3015
Regia Andini, R., Raihana Nabila Artanti, D., Mutiara Hasnim, A., Atun Nasihah, L., & Ketut Mahardika, I. (2024). Peran Pendidikan Dalam Membangun Pengetahuan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 2246–6111. Retrieved from https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/6854
Riyadi, D. D., & Supriatna, E. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Kelas III Dalam Mehamami Konsep Matematika: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1). doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40227
Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).
Sugiyono. (2019). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (Edisi ke-3). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/85
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.