LITERASI DIGITAL SEBAGAI PILAR PENGUATAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
LITERASI DIGITAL SEBAGAI PILAR PENGUATAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24612Keywords:
Literasi Digital, Pendidikan Karakter, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran literasi digital sebagai pilar penguatan karakter siswa sekolah dasar melalui pendekatan studi pustaka (library research). Literasi digital dipahami tidak semata sebagai keterampilan teknis dalam mengoperasikan perangkat digital, melainkan sebagai kompetensi multidimensional yang mencakup kemampuan kognitif dan sosial-emosional dalam mengakses, memahami, serta memanfaatkan informasi secara etis dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis 31 sumber literatur yang terdiri atas jurnal ilmiah, buku, e-book, prosiding, skripsi, dan artikel akademik yang relevan, diperoleh melalui penelusuran daring dengan kata kunci: literasi digital, pendidikan karakter, siswa sekolah dasar, dan pembelajaran tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi literasi digital dalam proses pembelajaran, khususnya melalui pendekatan tematik, berkontribusi pada penguatan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, kerja sama, toleransi, dan berpikir kritis. Literasi digital memberikan peluang bagi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran yang kontekstual, reflektif, dan bermakna. Namun, penerapannya masih menghadapi sejumlah tantangan, antara lain keterbatasan akses teknologi, disparitas kompetensi digital guru, serta kurangnya sinergi antara sekolah, orang tua, dan kebijakan pendidikan. Oleh karena itu, literasi digital berpotensi menjadi pilar strategis dalam pembentukan karakter siswa sejak dini, dengan catatan bahwa implementasinya dilakukan secara terencana, sistematis, dan berorientasi pada nilai.Downloads
References
Suwardani, N. P. (2020). Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat (I. W. Wahyudi (ed.); pp. 31–41). UNHI Press.
Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD- An, 8(2), 228–236.
https://journal.upy.ac.id/index.php/es/arti cle/view/1115/1116
Amran M, E. S. S. & M. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2),245–258.
https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361 Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F.,
Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1 609
Fitri, S. (2017). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan SosialAnak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2. 5
Hanelahi, D., & Atmaja, K. (2020). Literasi Digital Dalam Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Distance Learning Di Homeschooling. Jurnal Pendidikan, 4(4), 112–129.
Hidayani, M. (2016). Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 150–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300
/attalim.v15i1.292
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1. 988
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu Jurnal Of Education-Jurnal Pendidikan, 14(2), 226–239.
Maharani, D., Asrori, & Sulistyarini. (2018). Penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar pontianak barat. Jurnal Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, 7(12), 1–11.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418
/jppk.v7i12.30068
Martati, B. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif untuk Menumbuhkan Nilai Moral Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1405
Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.