IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SDII LUQMAN AL –HAKIM 02 BATAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24615Keywords:
Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan, Pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di SDII Luqman Al-Hakim 02 Batam dan dampaknya terhadap mutu pendidikan. Kurikulum Merdeka merupakan inisiatif baru dalam sistem pendidikan Indonesia yang memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SDII Luqman Al-Hakim 02 Batam telah meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam hal kreativitas, kemandirian, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah lain yang ingin mengadopsi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pendidikan.Downloads
References
Arifin, M., Nasution, I. S., Wahyuni, S., Saehu, U., Rahayu, E., Dachi, S. W., … Sitepu, T. (2020). Modul Kurikulum dan Pembelajaran (Vol. 196). umsu press.
Arikunto, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Armstrong, M. (n.d.). ARMSTRONG’S HAN DBOOK OF MANAGEMENT AND LEADERSHIP DEVELOPING EFFECTIVE PEOPLE SKILLS FOR BETTER LEADERSHIP AND MANAGEMENT (2012th ed.; A. and T. Stephens, ed.). USA: Third edition 2012.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Creswell, J. W. (2015). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Lailiyah, S., & Imami, A. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Mutu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2737–2746.
Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–816.
Lince, L. (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49.
Malalina, M., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Inderawati, R., Kurniadi, E., Lisnani, L., … Gustiningsi, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Pembelajaran Merdeka Belajar di SMP Kelas VII pada Konteks Pencaharian Harta Karun di Sungai Musi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 148–153.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.
Marāghī, A. M. (1946). Tafsīr al-Marāghī (Vol. 5). Muṣṭafá al-Bābī al-Ḥalabī.
Maskur, M. M., Anwar, M. K., & Trianah, T. T. (2021). Implementasi Pembelajaran blended learning di MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 12(2), 120–133.
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.
Nabella, S. D., Rivaldo, Y., Kurniawan, R., Nurmayunita, Sari, D. P., Luran, M. F., … Wulandari, K. (2022). The Influence of Leadership and Organizational Culture Mediated by Organizational Climate on Governance at Senior High School in Batam City. Journal of Educational and Social Research, 12(5), 119–130. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0127
Nabila, A., Samsuri, M., & Mukhlisah, I. (2023). Peran Guru dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Mamba’ul’Ulum, 1–11.
Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.
Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.
RISET, D. A. N. T. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Universitas, 1(1), 2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thahery, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 3(1), 10–21.
Tiraswati, D. M., & Pd, M. (2018). Starategi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan, 2.
Wahyudi. (2022). “The Role of Reward Management in Improving Job Satisfaction in Higher Education.” International Journal of Educational Management, 36(7), 1231–1245. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408.
Yufani, D. E., Riwanto, M. A., & Umayah, U. (2023). Pengaruh kurikulum merdeka terhadap kualitas belajar siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 68–72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.