MENGGALI STRATEGI EFEKTIF DAN MENYIASATI TANTANGAN PEMBELAJARAN SBDP DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24629Keywords:
Pendidikan Seni, Sekolah Dasar, SBdPAbstract
Seni, Budaya, dan Kerajinan (SBdP) di sekolah dasar berfungsi sebagai wadah untuk menumbuhkan kreativitas, ekspresi diri, dan kegembiraan dalam belajar. Studi ini mengeksplorasi bagaimana guru merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi instruksi SBdP yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan triangulasi untuk pengumpulan data, studi ini mengungkap bahwa guru menerapkan pembelajaran terdiferensiasi dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk mendorong partisipasi aktif siswa. Kegiatan pembelajaran disampaikan melalui proyek seni kontekstual yang terhubung dengan pengalaman hidup siswa. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas, penguasaan mata pelajaran yang tidak merata di antara guru, dan rendahnya kepercayaan diri siswa, para pendidik memainkan peran adaptif dan kreatif sebagai fasilitator. Selain itu, keterlibatan siswa dalam acara-acara seperti Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan kegiatan ekstrakurikuler yang berfokus pada seni mendukung pengembangan bakat dan apresiasi terhadap seni. Temuan studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan menjadi referensi untuk meningkatkan praktik SBdP di sekolah dasar lainnya, memastikan pembelajaran tetap bermakna, menarik, dan responsif terhadap karakter unik siswa.Downloads
References
Buku/Dokumen Pemerintah :
Ambitasari, F. (2024). PEDOMAN FESTIVAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL SMP / MTs / SEDERAJAT (V. Ramadhanty, A. Pramono, & Y. B. Sartono (eds.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ekombis Sains.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Diakses dari https://litbang.kemdikbud.go.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Permendikbud RI Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: JDIH Kemendikbud.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.
Supatmo. (2021). Meneguhkan literasi multikultural melalui pendidikan seni: Perspektif dan urgensi pembelajaran seni budaya abad 21 di sekolah. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (hlm. 32–38). Diakses dari http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Jurnal Ilmiah
Anditiasari, N., Pujiastu, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 12(2), 236–248.
Atikah, & Istiq’faroh, N. (2023). Artikel Nusantara Educational Review Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian di Kelas III SDN Sidoklumpuk. Ner, 1, 23–32. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fitrani, N., Widodo, W., & Istiqfaroh, N. (2024). Eksplorasi Udeng Pacul Gowang Sebagai Sumber Belajar Etnomatematika Di Sekolah Dasar. 1(4), 192–199.
Hidayat, Y., & Sulung, Y. (2022). Peran Guru Terhadap Minat Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SDN Mekarwangi Kabupaten Sumedang. 6(3), 6240–6249.
Komala, I., & Nugraha, A. (2022). Pendidikan Seni dan Kurikulum Merdeka Belajar: Tuntutan bagi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 122–134. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.114
Kowe, G. L. D., Yandalima, M. F., & Yufrinalis, M. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Beru Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 213–220.
Liskawati, Faisal, M., & Irfan, M. (2025). Analisis Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar Di UPT SPF SDN Kip Bara-Baraya I Kota Makasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10.
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Mutmainnah, D. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Islamic Education Journal, 1(3), 1–77.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Berpikir Abstrak Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–176. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176
Padang, A. L. B., Siregar, R., Hasanah, U., Permana, S. N., & Fernanda, R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Together Pada Mata Pelajaran Pai Kelas IV Di SD Swasta Perguruan Swakarya. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 275–285. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10217
Puspita, A. M. I., Istiqfaroh, N., Wicaksono, V. D., Paksi, H. P., & Mulayni. (2023). Responding To The Challenges Of Diversity In The Digital Era In The Perspective Of The Value Of Collection Through The Implementation Of Learning Models Local Wisdom In Elementary Schools (Vol. 2023, Issue Ijcah 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-152-4_205
Rosyidi, Z., & Apriliyanti, V. (2023). Strategi Pembelajaran Seni Rupa Dalam Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Madrasah Ibtidaiyah. 9(2), 13–24.
Sandi, N. V., & Bumiayu, U. P. (2020). Proses Belajar Siswa Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.37729/jpd
Sari, W. S. K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787
Sasela, G. F., Rumengan, P., & Dumais, F. (2023). the Strategy of Clasical Guitar Training Shown By Jekson Pontomudis for the Event of Fls2N. SoCul:International Journal of Research in Social Cultural Issue, 3(3), 881–888.
Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Suharto. (2012). Problematika Pelaksanaan Pendidikan Seni Musik Di Sekolah Kejuruan Non Seni Suharto. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 12(1).
Sunaryo, A., Hapidzin, R. I., Dyani, P. L., & Santana, D. F. (2024). Glorification of Local Cultural Wisdom in the Implementation of FLS2N in the Field of Creative Dance. Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 21(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v21i1.31092
Suryaningtyas, R., & Suprayitno. (2018). Penggunaan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Materi Teknik Cetak Timbul Kelas II SDN Lawanganagung Sugio Lamongan. Jurnam PGSD, 6(2), 167–176.
Suwece, W., Sandra Devindriati, P., & Kusuma, P. (2021). Strategi Pembelajaran Seni Budaya Pada Tatap Muka Terbatas Di Smp Beringin Ratu Serupa Indah. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(1), 26–32. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/pensi/article/view/850
Tanzillah, N., & Sakya, K. A. (2024). Analysis of Adaptive Reuse Building for Early Childhood School : Optimizing Interior Design for Child Development. 13(2), 464–474.
Ummah, S., & Nadlir. (2024). Implementasi pembelajaran seni tari pada Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. 22(2), 142–149.
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(2), 365–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
Wiguna, I. B. A. A., & Oka, A. A. G. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Era Distrupsi. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.991
Wulandari, N. P., Ayu, I., & Yuni, M. (2025). Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya E - ISSN : 2988-1501 ( Online ) Problematika Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Seni Budaya Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Mataram. 03(01), 25–34.
Wulandari, T., Pamungkas, J., & Nurrahman, A. (2023). Pentas Seni Anak di Jogja TV Sebagai Ajang Eksistensi dan Promosi Kelembagaan TK. 7(3), 3279–3290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4545
Yuliasari, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.514
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.