MODEL PBL BERBANTUAN DIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP WAKTU SISWA SD

Authors

  • Rossa Puspa Maharani Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi I Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurul Mubarokah SDN Sukorame 2 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24656

Keywords:

Hasil belajar, PBL, Diferensiasi, Matematika

Abstract

ABSTRACT  This study aims to improve mathematics learning outcomes on the topic of time measurement through the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model supported by content differentiation strategies in Grade II of SDN Sukorame 2, Kediri City. This approach was chosen due to the students’ low engagement and understanding of time concepts in conventional learning. The research was conducted as a Classroom Action Research (CAR) over two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection stages. Data collection techniques included observation, interviews, learning outcome tests, and documentation. The results showed a significant improvement in student learning outcomes. In Cycle I, the percentage of students achieving mastery was 37,93% with an average score of 68,51. After implementing PBL and content differentiation in Cycle II, the mastery level increased to 89.66% with an average score of 80. These findings indicate that problem-based learning combined with content differentiation can foster active, contextual, and student-centered learning. Therefore, this model can be an effective alternative for teaching mathematics in lower elementary grades   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran waktu melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang didukung strategi diferensiasi konten di kelas II SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Pendekatan ini dipilih karena rendahnya keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap konsep waktu dalam pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 37,93% dengan rata-rata nilai 68,51. Setelah penerapan PBL dan diferensiasi konten pada siklus II, ketuntasan belajar meningkat menjadi 89,66% dengan rata-rata nilai 80. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan diferensiasi konten mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan sesuai kebutuhan siswa. Dengan demikian, model ini dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran matematika di kelas rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalia Fauzia, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 7(1), 40–47.

Azizah, D. N., & Paksi, H. P. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Norma Kelas 5 SD. JPGSD, 12(1), 2604–2613.

Bilhuda, T., Rusjiono, & Subroto, W. T. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(2), 439–450.

Bosica, J., Pyper, J. S., & MacGregor, S. (2021). Incorporating Problem Based Learning In A Secondary School Mathematics Preservice Teacher Education Course. Teaching and Teacher Education, 102(103335).

Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Diferensiasi tehadap Hasil Belajar Matematika. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 4(6), 11177–11182.

Fauziyah, L., & Kartono. (2017). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 6(1), 59–67.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Khayati, T. I. Nor. F. A. (2023). Penerapan Model PBL Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD 4 Dersalam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1728.

Komariah, K., Sofyan, H., & Wagiran. (2019). Problem-Based Learning: Implementasi Dan Urgensinya Bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran. JURNAL KEPENDIDIKAN, 3(2), 207–219.

Kusuma, O. D., & Lutfah, S. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Berdiferensiasi. Kemendikbud.

Marisa, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 256–263.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Universitas Negeri Padang.

Nandhita Asriningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematikasiswakelas 4 SD. JKPM , 5(1), 23–32.

Nugraha, S., Sudiatmi, s, & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Nurkhasanah, D., Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Satya Widya , XXXV(1), 33–41.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4 , 34–37.

Rahman, F., Yurniwati, & Bintoro, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Metakognisi Belajar Siswa Sekolah Dasar . Indonesian Journal of Primary Education , 2(1), 48–61.

Rohmah, A., & Zulfitira. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. 4(4).

Ruslan, A., Ardana, W., & Sunjaya, E. K. M. (2024). Pembelajaran Diferensiasi : Pengembangan Kemampuan Kognitif dan Sosial Siswa SD. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan , 4(4), 127–131.

Saputra, D. A., Andri, A., & Sulianto, J. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 09(04), 1570–1582.

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) V, 3(1), 7–12.

Sutisnawati, A., Rakhman, G. G. F., & Sumantri, M. S. (2024). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 7363–7374.

Wahyudi, W., S.B Rochmad, & Suyitno, H. (2018). Assimilation and Accommodation Processes in Improving Mathematical Creative Thinking with Scaffolding According to Learning Style. Journal of Physics: Conference Series, 1907, 1.

Downloads

Published

2025-06-30

Most read articles by the same author(s)