PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENGUASAAN KETERAMPILAN MENGAJAR MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL, MENGELOLA KELAS, DAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL SERTA PERORANGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24679Keywords:
learning effectiveness, teaching skills, elementary schoolAbstract
This article examines in depth eight essential teaching skills for primary school teachers as part of their professional competence in effective learning practices. The teaching skills include: (1) small group discussion skills, (2) classroom management skills, and (3) small group and individual discussion skills. The research method used is a literature study that relies on written sources as the main data source, without collecting field data. Data sources were analyzed from various scientific journals, textbooks, and relevant education policy documents, especially those published in the last five years. The results of this study show that it is crucial to acquire teaching skills for learning effectiveness. This is particularly important in the context of basic training which emphasizes a holistic central approach. Moreover, these skills connect and shape the entire learning cycle. The findings are expected to be a reference for PGSD students and educators in the development of reflexive and adaptive learning practices.Downloads
References
Adinia, Rosyida, Suratno Suratno, dan Mochammad Iqbal. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Aktif Berbantuan Lkpd Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi 3(2): 64–75. doi:10.26740/jipb.v3n2.p64-75.
Andriyani, Mia. 2022. “Keterampilan Dasar Mengajar Yang Harus Dikuasai Oleh Guru Untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer 1(1): 1–4.
Desia Rama Engla, Sopiatun Nahwiyah, Andrizal. 2023. “PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP NEGERI 4 LOGAS KECAMATAN pandai berinteraksi dengan siswanya , Menurut Gegne dan Berliner dalam satu jenis keterampilan yang harus dikuasai yang diinginkan jika guru m.” Jom Ftk Uniks 3(2): 39–49.
Engla, Desia Rama. “Oleh DESIA RAMA ENGLA NPM. 180307009.”
Fitriana, Azizah Nur, Muthiara Nur Aisah, Emanuella Intan Rianto, dan Ridwan Widakdo. 2024. “Optimalisasi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa.” JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan 5(2): 97–105. doi:10.31949/madinasika.v5i2.8267.
Hikmawati, Dinda, Fitri Rahmadani, dan Sani Safitri. 2023. “Pengaruh Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar para Pendidik dalam Efektivitas Pembelajaran di Kelas.” Jurnal Pendidikan 7(1): 79–93. https://doi.org/10.32533/07105.2023.
Maharbid, Dian, Decenni Amelia, dan Neni Maulidah. 2023. “Analisis Pemahaman Konsep dan Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(2): 874–91. doi:10.31949/jee.v6i2.5545.
Pardede, Sanggam, Okta Melika Siallagan, Nanny Lumbantobing, dan Lidia Malumna Manullang. 2022. “Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(5): 2632–41.
Pelajaran, Mata, Akidah Akhlak, Di Mtsm, Sitalang Kabupaten, Silvia Saputri, M Isnando Tamrin, dan Bambang Trisno. 2024. “Penerapan Keterampilan Guru Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Pada.” 18(2): 66–80.
Wulandari, Wita. 2023. “Efektivitas Metode Mengajar yang Variatif dalam Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Inggris.” LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren 1(2): 263–67. https://journal.lembagakita.org/index.php/ljit/article/view/2193.
Zulfanidar, alfiati syafrina, m. yamin. 2016. “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, 175-184.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, 175-184 1: 175–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.