PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24691Keywords:
Media Pembelajaran, Problem-Based Learning, Motivasi Belajar, Algoritma dan Pemrograman, InformatikaAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan, khususnya melalui integrasi media pembelajaran berbasis web. Namun, pembelajaran Informatika di SMK masih menghadapi tantangan, terutama dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi algoritma dan pemrograman secara mandiri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web dengan pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, validasi ahli, dan angket siswa. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan persentase 94,79%. Uji coba pada 45 siswa menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 84,65%. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 9,61% setelah menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dengan pendekatan PBL dinyatakan valid dan efektif dalam meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Agil Setiawan, Hadiyanti, A. H. D., & Kriswanto, Y. B. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE PERMAINAN OPEN THE BOX. Jurnal Pendidikan Dasar, 13, 180–189. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34777
Aprilianto, P. (2024). Pengembangan media pembelajaran web interaktif menggunakan pendekatan berdiferensiasi pada elemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan model PBL.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.
Dini, N. L. M., & Ekohariadi, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Percabangan dan Perulangan di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 8–16.
Dwipa, K. A., Elisa, E., & Widayana, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis WEB Pada Materi Sistem Pengereman Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan: Development of WEB-Based Interactive Learning Media on Braking System Material to Increase Student Motivation in Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 11(2), 160–167.
Fitri, Z., & Utaminingsih, E. (2021). Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif" Mencipta" di SMK Kota Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(1), 60–73.
Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2022). Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda (Vol. 5). Retrieved from https://smkn7-smr.sch.id/media/.
Hidayat, Y., Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Milah, A. R., Dhiaulhaq, F., & Hilma, D. (2023). Urgensi Aplikasi Kerangka Berpikir Computational Thinking Pada Pemebelajaran Faraid Di Era Digital. Journal of Teacher Training and Educational Research, 1, 37–46. https://doi.org/10.71280/jotter.v1i2.163
Khoirunnisa, S., Risda Rakhmasari, Z., & Ilyasa Aghni, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Simpabab Dana Giro. In Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol. 12).
Meylani Catur Ambarwati, & Widodo, R. (2023). Peningkatan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4, 9–16. https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25484
Mina, N. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS VII D SMP NEGERI 01 BATU.
Satria, M. T. N., Kholis, N., Khonsa, N. H., Muslichah, N. W., Nurahmad, N., Susanto, O. W. N., … Chusaini, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) terhadap Penguatan Keterampilan Literasi Digital dan Berpikir Komputasional pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 12(1), 29–39.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1(11).
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minneapolis, Minnesota: leadership training institute/special education ….
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis di bidang pendidikan.
Wahono, S. R. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.