PENGARUH MEDIA BIGBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN AMBUNTEN TENGAH II
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24707Keywords:
Media Big Book, Membaca Permulaan, Siswa Kelas I SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Ambunten Tengah II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Pre Eksperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN Ambunten Tengah II yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 29 for Windows. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi pretest 0,302 > 0,05 dan posttest 0,233 > 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai probabilitas (Sig) 0,001 ≤ 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan. Nilai rata-rata pretest sebesar 69,84 meningkat menjadi 81,53 pada posttest dengan persentase peningkatan sebesar 17%. Disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Ambunten Tengah II.Downloads
References
Alawiyah, S., Gunawan, D., Nurkamilah, S., & Nuriyanti, R. (2024). PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 1 MEKARSARI caXra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 04(02), 158–166.
Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963-969.
Jofi Ardiansa, Wahyu Sukartiningsih, & Waspodo Tjipto Subroto. (2023). Pengembangan Media Kartu Gambar Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Rasa Cinta tanah Air Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 163–172. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.235
Karumpa, A., & Dahlan, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818-825.
Nurika, D., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). “Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penanaman Nilai Karakter Siswa Kelas II Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2208-2216.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book
Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). ‘Pengembangan Media Big book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar”. JPGSD, 7(1), 2559–2569.
Trisani, B., Rohana, S., Intiana, H., & Sobri, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.