Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru di Gugus I Metro Pusat

Authors

  • azahra_insu zahra PGSD FKIP Universitas Lampung
  • Riswandi PGSD FKIP Universitas Lampung
  • Siti Nurjanah PGSD FKIP Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24712

Keywords:

Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana gaya kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja guru sekolah dasar di Gugus I Metro Pusat. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, non-eksperimental. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Total populasi guru sebanyak 110 guru dari 6 (enam) 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D., Riswandi, R., & Maulina, D. (2024). Development of a Model of Transformational Leadership Behavior and Ethical Leadership of Elementary School Principals in Creating Excellent Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(4), 835–851. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i4.614

Bass, B. M. (2006). Transformasional Leadership. In London: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Chaniago, A. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan: Pendekatan Teori dan Studi Kasus. In Jakarta Pusat: Penerbit Lentera Ilmu Cendekia (p. iv,87).

Danarti, W., Egar, N., & Juliejantiningsih, Y. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Akademik, Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Patebon. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 2397–2411.

Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–8.

Fadliah, R. (2023). Produktivitas Kerja Guru Sd Pada Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. EduCurio Journal, 1(3), 1113–1117.

Hafidulloh, H., Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru : Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. In Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Hermawan, I. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5,0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i3.62.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Irawati, K., & Mustafa, I. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 1 Kota Ternate. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 343–350. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/issue/archive

Joen, S., Purnamawati, P., & Amiruddin, A. (2022). Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. In Magama (Anggota IKAPI).

Juhro, S. M. (2020). Transformational Leadership Konsep, Pendekatan, dan Implikasi pada Pembangunan. Jakarta: BI Institute. https://www.researchgate.net/publication/354399363_Transformational_Leadership_Konsep_Pendekatan_Dan_Implikasi_Pada_Pembangunan

Kusumaningrum, H., Chaerany, C., Kholisah, T. A., & Cahyani, R. (2024). Kinerja Guru Sebagai Aspek Strategis Dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Journal Education and Government Wiyata, 2(2), 105–125. https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov

Madjid. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi kerja. DI Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI). www.samudrabiru.co.id

Muharram, A. F., Hanifa, R., Dekas, R., & ... (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Inovasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 22 Palembang Pada Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ekonomi Bisnis, 3(2), 607–626. https://ejournal.lapad.id/index.php/jebmak/article/view/726%0Ahttps://ejournal.lapad.id/index.php/jebmak/article/download/726/533

Pahira, S. H., & Rinaldy, R. (2023). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(3), 810–817. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.882

Roisah, B., & Margunani. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Penguasaan MKDK, dan PPL terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 59–74. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Sauri, S., & Hanafiah, H. (2022). Manajemen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2099–2104.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: ALFABETA (pp. xx, 444).

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. Hal xi, 368.

Surpriyadi, S. (2023). Laporan Kinerja BGP Provinsi Lampung Tahun 2022. https://bgplampung.kemdikbud.go.id/files/dokumen/dokumen/1686214753.pdf?utm_source

Syafarina, L., Mulyasa, E., & Koswara, N. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Educatio, 7(4), 2036–2043. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1250

Syahril, S. (2019). Teori-Teori Kepemimpinan. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 04(02), 208–215. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Taufik, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol., 3(2), 465–479. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i5.3291

Uno, Hamzah B & Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. In Jakarta: Bumi Aksara (p. xiv,236).

Wulandari, Ovi Natasya, Rizki Dwi Masithoh, Arina Dewi Fuad, A. Z. (2024). Pengaruh Non-Linieritas Guru Terhadap Kompetensi Belajar Siswa Di Ma Safinda Surabaya. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 296–306. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2923

Yuliawati, Y., Rini, R., Hariri, H., & Handoko, H. (2023). Pengaruh Kepamimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Guru Sd Negeri. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 14–26.

Yunanto, Y. (2022). Transformasional Leadership. Malang: Ahlimedia Press.

Downloads

Published

2025-05-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>