Identifikasi Karakteristik Peserta Didik Untuk Menciptakan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas 4B SDN Kanggraksan Kota Cirebon

Authors

  • Armen Gustrianto Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Endang Herawan Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24726

Keywords:

Analisis awal pembelajaran, Asesmen Diagnostik, Karakteristik peserta didik, Pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Tingkat keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran di dalam kelas, namun seringkali guru kurang memperhatikan karakteristik peserta didik sebelum merancang pembelajaran. Ketidakmampuan memahami kebutuhan dan karakteristik peserta didik dapat mengakibatkan pembelajaran yang tidak relevan, menurunnya motivasi belajar, dan berujung pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik agar dapat menciptakan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang bertujuan untuk memperoleh data mendalam mengenai gaya belajar, lingkungan tempat tinggal, dan suku peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas 4B SDN Kanggraksan Kota Cirebon memiliki keberagaman gaya belajar, sebanyak 8 orang (42%) memiliki gaya belajar visual, terdapat 2 siswa (11%) dengan gaya belajar auditori, 2 siswa (11%) juga memiliki gaya belajar kinestetik, 4 siswa (21%) menggabungkan visual dan auditori, 1 siswa (5%) lebih cocok dengan kombinasi auditori-kinestetik, serta ada 2 siswa (10%) yang memiliki keseimbangan antara ketiga gaya belajar, membuat mereka lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan metode pembelajaran yang beragam. Selain itu, terdapat 3 suku di dalamnya, diantara 10 peserta didik (53%) dengan suku Jawa, 5 Peserta didik (26%) dengan suku Sunda, dan 4 peserta didik (21%) Suku Cirebon. Tempat tinggal peserta didik sejumlah 10 orang (53%) berada di daerah kota dan 9 orang (47%) lainnya menetap di lingkungan desa. Dengan hasil penelitian ini diharapkan mampu menciptakan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan karakteristik peserta didik, seperti diferensiasi gaya belajar dan diferensiasi melalui pendekatan tanggap budaya (CRT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Diana, N.P., Hariyono, E., & Maharani, T.D. (2024). Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPA: Analisis Soft Skills Peserta Didik SMPN 2 Lamongan. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 139-150. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/86585/45905

Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.69533/t35nhb59

Latifah D.N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 68-75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Makkasau, A., Idrus, N. A., & Jannah, N. (2024). Implementasi asesmen diagnostik untuk meningkatkan hasil belajar ipas kelas v di SD Negeri 97 Baliara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3591-3600. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14398

Malacapay, M. C. (2019). Diferentiated Instruction in Relation to Pupils’ Learning Style. International Journal of Sinstruction, 12(4), 625-638. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1230097.pdf

Marhamah, M., & Zikriati, Z. (2024). Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 89-106. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan/article/view/32

Maula, N. R., Nugroho, A. A., & Prastyo, K. D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di SD. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 272-278. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.502

Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. ScienceEdu, 55-63. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, F. Z., & Elvira, E. (2022). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 10-23. https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i2.808

Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563-568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Rachmadhani, S. A. D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik: Systematic literature review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Rahman, M. A., Indahwati, N., & Widiyanti, N. P. (2023). Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi pola gerak Dominan. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 192-201. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.986

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sabarikun, N., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1651-1659. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1488

Siswaningsih, W., Kadarohman, A., Rahmawati, T., Nahadi, N., Supriyanti, F. M. T., Zackiyah, Z., & Anwar, S. (2023). Training Teaching at the Right Level (TaRL) and Culturally Responsive Teaching (CRT) [Pelatihan Pembelajaran Berbasis Level Berpikir serta Berlatar Belakang Budaya]. Jurnal Pengabdian Isola, 2(2), 135-141. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i2.64547

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam. Bengkalis: Dotplus Publishe.

Wibowo, A., Simaremare, A., & Yus, A. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 37-50. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.454

Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2025-06-06