ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SEKOLAH DASAR

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Khoirun Nissa Febriyanti Sholikah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sularsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nining Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24727

Keywords:

Student Difficulties, Statistics, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal statistika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa SD Negeri Nganti Gemolong berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi berupa hasil pekerjaan siswa berdasarkan instrumen soal statistika dengan parameter kompetensi meliputi: 1) Menentukan modus, 2) Menentukan median dari data berjumlah ganjil, 3) Menentukan median dari data berjumlah genap, 4) Menghitung nilai rata-rata suatu data, 5) Menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa tergolong tinggi, terutama dalam menghitung rata-rata (57%) dan menganalisis data (82%). Rendahnya pemahaman konsep dasar statistika, kesulitan memodelkan masalah matematika, serta lemahnya kemampuan menarik kesimpulan menjadi faktor penyebab utama permasalahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Mawardini, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.774

Andini, A., Dahlia, D., Lubis, F. A., & Ramadhani, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa Kelas Xii Smk Negeri 1 Perbaungan. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 59–67. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1105

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Budi Murtiyasa, A. D. A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Covid-19. 10(3), 1554–1563.

Djamilah, S., & Hidayati, R. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi statistika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 36–44.

Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 94–106.

Garfield, J., Le, L., Zieffler, A., & Ben-Zvi, D. (2015). Developing Students’ Reasoning About Samples And Sampling Variability As A Path To Expert Statistical Thinking. Educational Studies In Mathematics, 88(3), 327–342. Https://Doi.Org/10.1007/S10649-014-9541-7

Isfayani, E. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR PADA DIDWA SMP KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika Malikyssaleh, 3(1), 79–90.

Isnaina, Z., Reizal Muhaimin, M., & Sutriyani Abstrak, W. (2022). PERANAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KEAKTIFAN BERTANYA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SD (Vol. 09, Issue 1).

Kusumaningpuri, A. R., Murtiyasa, B., Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Analisis Kesulitan Matematika Pokok Bahasan Statistika pada Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 933–942.

Latifah, T., Afriansyah, E. A., Barat, J., & Barat, J. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. 3(2), 134–150.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Purwati, I., Murtiyasa, B., Sumardi, S., Kontesa, D. A., & Hakim, L. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Statistika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 363–371.

Rahmawati, R., Zuliani, R., & Rini, C. P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Karawaci 11. NUSANTARA, 3 (3), 478–488.

Syaifudin, Mohammad, Susanto, Hobri, Elvira M, Dhika, Hosnan, Endah cahyanti, A. (2020). Senang Belajar Matematika. In Eduma, 1(1).

Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 84–89. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504

Vera, Mimin & Sulistyaningrum, Rikana & Purnomo, Hengki & Murtiyasa, Budi. (2022). Miskonsepsi materi pengolahan data di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar). 4. 315-327. 10.12928/fundadikdas.v4i3.4440.

Yufri Anggraini. (2021). Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2415–2422.

Downloads

Published

2025-06-08

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2