PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V UPTD SDN TENGKET 2
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24752Keywords:
Teams Game Tournament, Pemahaman, KeaktifanAbstract
Penelitian ini dimaksudkan guna mengkaji dampak penggunaan model pembelajaran Teams Game Toumament mengenai pengetahuan dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas V UPTD SDN Tengket 2. Jenis penelitian yang diterapkan merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode satu grup pretest posttest desain, Metode pengumpulan data menggunakan soal dan angket. Bagi keakuratan instrument menerapkan uji validitas dan reliabilitas, adapun teknik analisis data yang diterapkan adalah uji normalitas dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan uji paired sampel t-test pemahaman belajar yang pernah diuji didapatkan data rata-rata mean pada pretest pemahaman belajar sebesar 52.00 dan nilai posttest pemahaman belajar sebesar 94.00 serta data nilal signifikan bernilai 0,000 < 0,05 Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Game Toumament mengenai pengetahuan belajar peserta didik. Berdasarkan uji paired sampel t-test keaktifan belajar diperoleh data rata-rata mean pada pretest pemahaman belajar sebesar 25.50 adapun hasil rata-rata posttest mencapai 35.90 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament mengenai keaktifan belajar peserta didikDownloads
References
Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.3873
Hang, S. D., Juanda, T., & Juanda, H. T. (2024). Pengaruh model pembelajaran Teams Gme Tournament (TGT) berbantuan game baamboozle terhadap pemahaman konsep matematis luas bangun datar kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda, 09(September).
Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928
Hikmah, R. (2017). Penerapan Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271–280. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204
Ningrum, D. P., Safitri, V. Y., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model TGT Berbantuan Media Clock Set Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 62–74. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.419
Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sd. El Midad, 12(2), 102–114. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i2.2540
Sahmar, S. W., Idawati, I., & Quraisy, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 890–900. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4144
Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4220
Zaeni, Johara, A., Hidayah, & Fitria, F. (2017). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams games tournaments (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional Universitas Muhammadiyah Semarang, 416–425.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.