PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V UPTD SDN TENGKET 2

Authors

  • Abdussalam STKIP PGRI Bangkalan
  • Yulis Nur ‘Aini STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24752

Keywords:

Teams Game Tournament, Pemahaman, Keaktifan

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan guna mengkaji dampak penggunaan model pembelajaran Teams Game Toumament mengenai pengetahuan dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas V UPTD SDN Tengket 2. Jenis penelitian yang diterapkan merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode satu grup pretest posttest desain, Metode pengumpulan data menggunakan soal dan angket. Bagi keakuratan instrument menerapkan uji validitas dan reliabilitas, adapun teknik analisis data yang diterapkan adalah uji normalitas dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan uji paired sampel t-test pemahaman belajar yang pernah diuji didapatkan data rata-rata mean pada pretest pemahaman belajar sebesar 52.00 dan nilai posttest pemahaman belajar sebesar 94.00 serta data nilal signifikan bernilai 0,000 < 0,05 Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Game Toumament mengenai pengetahuan belajar peserta didik. Berdasarkan uji paired sampel t-test keaktifan belajar diperoleh data rata-rata mean pada pretest pemahaman belajar sebesar 25.50 adapun hasil rata-rata posttest mencapai 35.90 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament mengenai keaktifan belajar peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.3873

Hang, S. D., Juanda, T., & Juanda, H. T. (2024). Pengaruh model pembelajaran Teams Gme Tournament (TGT) berbantuan game baamboozle terhadap pemahaman konsep matematis luas bangun datar kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda, 09(September).

Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928

Hikmah, R. (2017). Penerapan Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271–280. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204

Ningrum, D. P., Safitri, V. Y., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model TGT Berbantuan Media Clock Set Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 62–74. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.419

Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sd. El Midad, 12(2), 102–114. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i2.2540

Sahmar, S. W., Idawati, I., & Quraisy, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 890–900. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4144

Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4220

Zaeni, Johara, A., Hidayah, & Fitria, F. (2017). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams games tournaments (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional Universitas Muhammadiyah Semarang, 416–425.

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)