PENGARUH VIDEO INTERAKTIF PERMAINAN TEPUK UNTUK MENGAMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL DI TAMAN KANAK-KANAK SABBHISMA 4 KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24757Keywords:
Anak Usia Dini, Kecerdasan Musikal, Video InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video interaktif permainan tepuk untuk mengembangkan kecerdasan musikal di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 kota padang. Pengembangan kecerdasan musikal di sekolah guru hanya melakukan kegiatan bernyanyi dengan iringan alat musik tamburin yang dipraktekkan langsung oleh guru, sehingga dalam kegiatan anak terlihat bosan dan memilih bercerita dengan temannya. Dampaknya anak yang belum dapat merespon lagu, anak kurang mampu menyesuaikan suara dengan iringan musik, sulit untuk mengikuti setiap ketukan dan tempo musik yang didengarkan. Saat bernyanyi anak tidak antusias dalam merespon musik seperti tidak menari, tidak bertepuk tangan, dan tidak mengikuti ritme musik saat musik dimainkan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh anak di taman kanak-kanak Sabbihisma 4 kota padang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling yaitu B6 dan B4 dengan jumlah masing-masing kelas terdiri dari 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Analisis data melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil penelitian pre-test dan post-test didapatkan rata-rata gain score kelas eksperimen 15,5 sedangkan rata-rata gain score kelas kontrol 8,0. Dengan demikian, ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima H0 ditolak sehingga hasil penelitian penggunan video interaktif permainan tepuk berpengaruh untuk mengembangkan kecerdasan musikal anak usia dini.Downloads
References
Affandi, A., & Ekohariadi, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 638–645. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/it-edu.v6i1.41553.
Anisa, N., & Wathon, A. (2022). Implementasi Media Audiovisual Cerita Islami Untuk Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral (Nam) Pada Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 5(1), 71–91.
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences In The Classroom 3rd. Alexandria.
Brodsky, W., & Sulkin, I. (2021). Handclapping songs: a spontaneous platform for child development among 5–10-year-old children. In Music in the Lives of Young Children, 274–301.
Elfiadi. (2017). Kecerdasan jamak pada anak usia dini. Jurnal Itqan, 8(2), 35–52.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana., & Indra, P. I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Gardner, H., (2011). The Theory of Multiple Inteligences. Basic Books.
Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112.
Putri, M. A., Jayanti, & Suryani, I. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbantuan Microsoft Power Point. Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education , 4(4), 367–376.
Setyawati, T., Permanasari, A. T., & Yuniarti, T. C. E. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 2(1).
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.
Sugiyono, P. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Syaiful, B. D., & Aswan, Z. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan video interaktif pada pembelajaran IPA tematik integratif materi peredaran darah manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381.
Wardati, L., Husna, N., Khairunisa, A., & Lubis, H. (2020). Pola kerjasama guru dan orang tua pada masa pandemi covid 19 di RA Masjid Agung Medan Polonia. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 165–183.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Yeni, I. (2010). Pengantar Seni Musik untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sukabina Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.