PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD GMIT NO.7 OEBUFU KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24758Keywords:
hasil belajar, kooperatif tipe STAD, IPASAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia” di kelas V sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi pemahaman siswa melalui penerapan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/tes, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V, dengan data diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara, yang dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33% (9 siswa), sementara 67% (18 siswa) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut.Downloads
References
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Milah Nurkamilah, Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). PENGANTAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(1).
Trianto, A. (2012). Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran …. Skripsi: UNY.
Yustiningrum, M., Nur Atiqoh Bela Dina, L., Wahyu Ertanti, D., Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Agama Islam, F. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 1 TULUSBESAR KABUPATEN MALANG. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Volume 6 Nomor 2. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.