PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD GMIT NO.7 OEBUFU KOTA KUPANG

Authors

  • Petrus Canisius Benny Lejap Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Antonius Suban Hali Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Kurniayu T. R. A. Ratu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24758

Keywords:

hasil belajar, kooperatif tipe STAD, IPAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia” di kelas V sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi pemahaman siswa melalui penerapan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/tes, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V, dengan data diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara, yang dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33% (9 siswa), sementara 67% (18 siswa) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Milah Nurkamilah, Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). PENGANTAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(1).

Trianto, A. (2012). Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran …. Skripsi: UNY.

Yustiningrum, M., Nur Atiqoh Bela Dina, L., Wahyu Ertanti, D., Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Agama Islam, F. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 1 TULUSBESAR KABUPATEN MALANG. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Volume 6 Nomor 2. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Downloads

Published

2025-06-10