PENGGUNAAN MEDIA GEOBOARD UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.24790Keywords:
Geoboard , develop , spatial visualAbstract
For children's cognitive development, visual-spatial abilities are crucial. The purpose of this research is to design and test a media platform called Geoboard with the goal of improving children's visual spatial skills. Geoboard is a tool designed for use in various mathematical fields in the classroom. This media can improve shape, size, and space understanding skills, and encourage creativity and imagination through visual exploration. This study is expected to help children solve problem, innovate, and think critically. Visual spatial skills are also linked to better mathematical performance. ABSTRAK Agar otak anak-anak tumbuh dan berkembang, penglihatan spasial sangatlah penting. Meningkatkan kemampuan visual spasial anak-anak merupakan tujuan dari penelitian ini, yang bertujuan untuk merancang dan menilai media geoboard. Geoboard adalah alat kelas yang dapat digunakan untuk mengajar dan mempelajari matematika dalam berbagai mata pelajaran. Media ini dapat meningkatkan keterampilan pemahaman bentuk, ukuran, dan ruang, serta mendorong kreativitas dan imajinasi anak melalui eksplorasi visual. Penelitian ini diharapkan dapat membantu anak-anak dalam memecahkan masalah, berinovasi, dan berpikir kritis. Kemampuan visual spasial juga terkait dengan kinerja matematika yang lebih baik.Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Fahmi, M. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Didik Model Pembelajaran CTL Menggunakan Media Geoboard dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air pada Materi Segitiga dikelas VII MTS Nurul Islam Pongangan.
Firdayati, L. (2019). Penggunaan Model Elpsa Dengan Bantuan Alat Peraga Geoboard pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 133-145.
Fuada, S. D. (2022). Strengthening Online Learning of Geometry Material at SDN Bojong 01 Using Geoboard and GeoGebra Media. Community Empowerment, 196-209.
Furner, J. M. (2012). Geoboards To Geogebra: Moving From The Concrete To The Abstract In Geometry. Pearson Education, 111-118.
Lastrijanah, L. P. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 87-100.
Lili Aprilianti Sopian, C. B. (2020). Penerapan Media Papan Geoboard Pad Pembelajaran. Journal of Instructional Mathematics.
Linn, M. C. (1985). Emergence and characterization of sex differences in spatial ability. Child Development, 1479-1498.
Masturoh, I. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Geometri.
Mufarida, I. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Geoboard Materi Bangun Datar Kelas II SDN Gebang 1.
Novi Mayasari, N. I. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geoboard dalam Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Ramful, A. L. (2016). Measurement of Spatial Ability: Construction and Validation of the Spatial Reasoning Instrument for Middle School Students. Journal of Psychoeducational Assessment, 1-19.
Rohman, A. N. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar tentang Materi Unsur dan Sifat Bangun Datar Sederhana . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 106-118.
Santoso, J. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematikan Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Pada Kelas III SDN 6 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2013/2014. Journal Skripsi.
Sibiya, M. R. (2019). The Effect of Geoboard Use On Learner Motivation for Learning of Geometry Theorems. International Scientific Researchs Journal, 72-85.
Sopian, L. A. (2020). Penerapan Media Papan Geoboard pada Pembelajaran Matematika. 444-449.
Sudirman, F. A. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika Sekolah? . Journal of Instructional Mathematics.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, W. S. (2017). The Improvement of Mathematical Spatial Visualization Ability of Student Through Cognitive Conflict. International Electronic Journal of Mathematics Education (IEJME), 155-166.
Usman, M. A. (2002). Media Pembelajaran. Ciputat Pers.
Winata, E. R. (2016). Identifikasi Jenis Bangun Datar dengan Algoritma.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.