Dampak Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Nuyalestaribaru Universitas Mataram
  • Edy Herianto Universitas Mataram
  • Sawaludin Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24797

Keywords:

Problem Based Learning, Liveworksheet, Berpikir Kritis, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental berbentuk one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas yang dipilih melalui teknik acak sederhana, yaitu kelas VIII B dengan jumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Data dianalisis melalui uji prasyarat (uji normalitas Shapiro-Wilk dan homogenitas Levene's test), kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan pooled variance test. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa implementasi model PBL berbantuan Liveworksheet memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

References

Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594

Azkia, N. A., Setiadi, D., Jufri, A. W., & Sukarso, A. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 524-530.

Cahyani, M., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534-1540.

Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Biologi Di Kelas X …. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 936–950. http://journal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1452

Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 285–294. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60494

Edi Kusnadi, F. N. (2024). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Liveworksheet dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Ppkn. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Fuadi, H., Gunawan, G., & Susilawati, S. (2022). Feasibility of PBL (Problem Based Learning)-based Sound Wave Electronic Student Worksheet for High School Students Using the Liveworksheet Application. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2255–2265. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1982

H. Rifa’i, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Hariyanti, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl)Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.3285

Herianto, E. (2023). Pengembangan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Integrasi Media Monopoli. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), 75-83.

Kök, F. Z., & Duman, B. (2023). The effect of problem-based learning on problemsolving skills in English language teaching. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 154–173. https://doi.org/10.33902/JPR.202318642

Loindong, A. S. G., Tewal, B., & Sendow, G. M. (2023). Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kantor SatPol-PP Kota Tomohon). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 110–121. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51021

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains STITPN, 2, 97–104. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689#:~:text=Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah,mengkaji dan akan menguasai imu

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Santuthi, P. C. P., Suardana, N., & Wijana, N. (2020). The Effect of Problem Based Learning Learning Model on Problem Solving and Critical Thinking Ability of Class Viii Students in Smpn 1 Singaraja of Science. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012046

Sari, R., Ismail, M., Sawaludin, S., & Herianto, E. (2024). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mentimeter Terhadap Hasil Belajar Ppkn Kelas Viii Di Smpn 11 Mataram. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 367-375.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirāsāt: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. www.depdiknas.go.id/evaluasi-proses-

Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32254

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics

Downloads

Published

2025-06-10