Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sanggar Bimbingan Klang Lama Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24840Keywords:
Early Readin Skills, Internal Factor, External FactorsAbstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan untuk mengenal huruf abjad, menyusun suku kata menjadi kata hingga mampu membaca kalimat dengan utuh. kendala utama yang dihadapi oleh siswa di Sanggar Bimbingan Klang Lama Malaysia adalah kemampuan membaca permulaan yang seharusnya sudah dikuasai oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor menyebabkan kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 Sanggar Bimbingan Klang Lama Malaysia. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 1 Sanggar Bimbingan Klang Lama Malaysia memilki kemampuan membaca yang bervariasi hal ini karena dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dapat dilihat dari faktor fisiologis, intelektual, dan faktor psikologis eksternal seperti kurangnya dukungan orang tua, gaya bahasa yang masih kental dengan budaya melayu, dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Faktor Internal, Faktor EksternalDownloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Alexander, & MuhammaHimawan Haykal Firza. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan dan Tanda Baca Pada Salah Satu Surat Kabar. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i1.38
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Hilmi, I. F. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUKU KATA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(6), 2363–2379.
Leonardho, R., Fadhilah, D., & Sumiyani. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 229–235.
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., K. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2611–2616.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Pertiwi, D. S. K., & Pratikno, A. S. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1. Jurnal Inovasi,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.