A PENGEMBANGAN MODUL AJAR SENI RUPA UNTUK SISWA KELAS 4 DI MI AL HIDAYAH

Modul ajar seni rupa

Authors

  • ziyanazizah Najat UIN Malang
  • Ulfatur Rizko Magister PGMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Najmatun Nazihah Magister PGMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Imam Bukhori Magister PGMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mohamad Zubad Nurul Yaqin Magister PGMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul ajar Seni Rupa yang khusus disesuaikan bagi siswa kelas 4 di MI Al Hidayah. Modul ini dirancang untuk mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar siswa berdasarkan konteks lingkungan dan kondisi sosial mereka yang berada di wilayah pegunungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap utama: analisis kebutuhan, perancangan materi, modul pengembangan, implementasi di kelas, dan evaluasi hasil. Proses validasi dilakukan oleh ahli desain dan ahli materi, yang menghasilkan skor kelayakan tinggi sebesar 85%. Modul ini mencakup tiga tema utama, yaitu menggambar lingkungan sekitar, membuat karya kerajinan, serta bereksperimen dengan tekstur. Implementasi modul diterapkan pada siswa kelas 4 melalui metode pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang interaktif dan mendorong keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran. Hasil penerapan menunjukkan bahwa modul ini tidak hanya berhasil menarik minat siswa, tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep seni rupa yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Respon siswa dan guru menunjukkan bahwa modul ini dinilai sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam penyediaan bahan ajar yang kontekstual, mendukung proses pembelajaran yang bermakna, serta selaras dengan implementasi Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Kusumadewi, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Seni Budaya Dan Keterampilan (Sbk) Kelas Iv Sd/Mi.

Nelawati, N., Meriyati, M., Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 33–34.

Nugraha, J., -, S., & -, M. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(2), 189. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i2.13830

Probosiwi, P., & Andika, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Teknik Tempel Bagi Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 66–75. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.29664

Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385

Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Ringkasan Dan Ikhtisar Pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis Fkip Universitas Baturaja. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 1. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.549

Downloads

Published

2025-06-06