PEMANFAATAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24916Keywords:
pembelajaran, teknologi, bahasaAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa telah menjadi sebuah inovasi yang menawarkan berbagai keuntungan bagi siswa dan guru. Beragam alat dan platform teknologi, seperti e-learning, aplikasi pembelajaran bahasa, dan media sosial, mampu meningkatkan proses belajar mengajar. Implementasi teknologi ini tidak hanya memudahkan akses terhadap materi pembelajaran, tetapi juga memungkinkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu, teknologi menciptakan lingkungan belajar yang lebih fleksibel, memungkinkan siswa belajar kapan saja dan di mana saja. Penelitian ini mengkaji berbagai jenis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa serta dampaknya terhadap efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu, penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa merupakan langkah krusial untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan belajar siswa di era digital saat ini.Downloads
References
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020).
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Berbasis E-Learning di Era Digital.
Darmika, I. P., Gunatama, G., &
Sutama, I. M. (2019). Penggunaan
E Learning dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia di SMA Negeri
Bali Mandara. Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia
Undiksha, 8(2).
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20620
Effendi, D. (2019). Pemanfaatan
Teknologi dalam Proses
Pembelajaran Menuju
Pembelajaran Abad 2.
Mahyudi, A. (2023). Efektivitas
Penggunaan Teknologi dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Armada : Jurnal Penelitian
Multidisiplin, 1(2), 122–127.
https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran
Teknologi dalam Transformasi
Pendidikan Bahasa Indonesia di
Era Digital. All Fields of Science
Journal Liaison Academia and
Sosiety, 3(3), 43–52.
https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Ratnawati, N. K. M., Utama, I. B., &
Dewantara, I. P. M. (2019).
Pemanfaatan E-Learning pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.