PENGEMBANGAN MEDIA “ENVIRONMENTAL CARE CLASS” (MICROSITE) MATERI LINGKUNGAN SEKITARKU SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24922Keywords:
media pembelajaran;ADDIE;pancasilaAbstract
ABSTRAK Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis microsite materi lingkungan sekitar mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Richey dan Klein yang terdiri dari tiga tahapan yaitu desain, produksi dan evaluasi. Analisis kebutuhan pada komponen menentukan elemen-elemen yang penting dalam pembuatan microsite. Validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan di atas 90%. Penggunaan microsite dalam pembelajaran memberikan keunggulan misalnya kemudahan akses, fleksibilitas, dan kemampuan untuk menyajikan media lain yang mendukung proses belajar. Uji coba pada 20 siswa dan 1 guru menunjukkan peningkatan hasil belajar signifikan yang tampak pada skor pretest dan posttest. Hasil penelitian mengidikasikan bahwa penggunaan microsite dapat meningkatkan pemahaman dan integrasi karakter Pendidikan Pancasila. Oleh karena itu implementasi media microsite merupakan langkah penting untuk mengembangkan sistem pembelajaran yang inovatif dan adaptif. Kata Kunci: media pembelajaran, microsite, Pendidikan PancasilaDownloads
References
Andarwati, N., & Pujilestari, Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(4), 844-851
Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi, N. A., & Fujiarti, A. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 39–47. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.689
Amanda, N., Suryani, I., Wini, L. O., & Akbar, O. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Cerita Fantasi Bola-Bola Waktu sebagai Bahan Ajar di SMP. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(1), 21. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i1.21158
Astuti, D. W., Suciptaningsih, O. A., Malang, U. N., & Timur, J. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsite S . id Pada Materi Hak Dan Kewajiban Untuk Kelas IV Sekolah Dasar Perkembangan teknologi menuntut guru untuk dapat beradaptasi dan meng- implementasikannya dalam pembelajaran . Penggunaan teknologi dal. XV.
Habibah, A. H., & Fathurrahman, M. (2025). Analisis Penerapan Model Pembelajaran pada Modul Ajar Pendidikan Pancasila SDN 1 Purwosari Kabupaten Blora. 7(1).
Hayu, R., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Materi Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 553–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8568
Hidayat, R. S. N., Atmojo, I. R. W., & Istiyati, S. (2024). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 49–57. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.83960
Keumala, M. F., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMK. Journal of Education Research, 5(3), 4115–4120. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1567
Khairunnisa, A., & Apoko, T. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 191. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.48898
Mahmud, D. R., Hidayat, A., & Fadhli, M. (2023). Pengembangan Web Interaktif " Hai Si IPA " Untuk Meningkatkan Literasi Sains Di Sekolah Dasar. 6, 829–842.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & …, 4(1), 180–185. https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/4381%0Ahttps://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/viewFile/4381/3450
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40-47.
Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. In Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang (Vol. 9, Issue 2, pp. 3327–3338). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.