DAMPAK TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS VIII MTS BHAYANGKARA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24942Keywords:
Teknologi, Minat Belajar, Dampak TeknologiAbstract
Di era modern sekarang sudah sangat tidak asing lagi dengan istilah laptop, smartphone, atau computer, dan sebagainya, alat-alat inilah yang disebut sebagai teknologi. Penerapan teknologi dalam mempelajari bahasa Indonesia sudah tentu memiliki dampak positif dan negatif, dampak negatif tersebut akan menjadi tentang bagi guru dan orang tua di era digital sekarang. Adanya teknologi dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi, menjelaskan materi dan sebagainya, teknologi juga membantu siswa dalam kegiatan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penerapan teknologi dalam meningkatkan minat siswa mempelajari bahasa Indonesia serta menganalisis dan memahami dampak positif dan negatif dari penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Responden dari penelitian ini adalah siswa MTs Bhayangkara kelas VIII. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data diperoleh melalui survei dan observasi, serta dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini berbeda dari penelitian lainnya karena menggunakan metode kuantitatif dan survei deskriptif untuk menganalisis data, sementara penelitian lain menggunakan metode berbeda seperti aplikasi augmented reality dan komunikasi berbasis digital. Secara keseluruhan, teknologi memiliki potensi besar dalam pendidikan jika digunakan dengan bijak.Downloads
References
Aini, F. N. (2022). Implementasi Literasi
Digital Dalam Pembelajaran Daring. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 242–262. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i3.2383
Amelia, A., & Solikhah, M. (2024).
Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Melalui Penerapan Teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i1.2663
Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan Teknologi Augmented
Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.9
Hilwa Putri Kamila (2019). Pengaruh
Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Wahab Jakarta. Ilmu Tarbiyah.
Lestari et al., (2022). Pelajaran Bahasa
Indonesia Menggunakan Model. 1(1), 2017–2021.
Lisnawati, I., Setiartin R, T., Nores K., W., Armiyati, L., Putri, A. P., Elsi, Andriyansyah, R., & Habibi, K. F. (2023). Pendampingan
Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP MGMP Bahasa Indonesia Kota Tasikmalaya. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.146
Mustika Rini Wulandari, Aryanti., (2018).
Efektivitas Pembelajaran Daring (Whatsapp) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di UPTD SMPN 17 Marusu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(1), 102-106. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1869/1102
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran
Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Safira, R. (2023). Dampak Kemajuan
Teknologi Pada Pendidikan Bahasa Indonesia. Student Scientific Creativity Journal, 1(3), 54–62. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/1329
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S.
F., & Aurelita M, N. (2024). Media
Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Siwi, M., & Wahyu Nuning, B. (2023).
Pentingnya Teknologi Pembelajaran Bagi Siswa SekolahDasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 56.
Samsu et al., (2019). 2(2), 53–60.
https://www.minsal.cl/wpcontent/uploads/2019/01/2019.01.23_PLAN-NACIONAL-DE-CANCER_web.pdf
Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran guru
sejarah dalam pemanfaatan inovasi media pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-92. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Widyaningtyas et al., (2022). Pengaruh Minat
Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 92-109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.