HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Angie Celina Universitas Negeri Jakarta
  • Imaningtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24955

Keywords:

Emotional Intelligence, Sikap Berkebhinekaan Global, Sekolah Dasar

Abstract

Perundungan, intoleransi, dan perilaku tidak pantas masih menjadi persoalan serius di lingkungan sekolah dasar hal ini diperkuat dengan adanya data yang menyatakan bahwa 41,1% siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan. Kondisi ini mencerminkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola emosi dan berinteraksi sosial secara sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap berkebhinekaan global pada siswa kelas V di SDN Meruya Utara 03 Pagi dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik simple random sampling dan angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan sikap berkebhinekaan global, dengan koefisien korelasi sebesar 0,42. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kecerdasan emosional sebagai landasan pembentukan sikap inklusif dan toleran pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

friansyah, A. G. K., Cahyono, H., & Asmaroini, A. P. (2024). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Implementasi Dimensi Kebhinekaan Global Dalam Pendidikan Karakter di SMPN 2 Kecamatan Pulung, Ponorogo. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 84–92. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index

Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pendagogi Dan Pembelajaran, 2(1).

Anasari, L., Baedowi, S., & Purnamasari, I. (2025). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD N 01 KEBONDALEM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 317–325.

Audia, F. A., Zakiah, L., & Utami, N. C. M. (2021). Lectora Inspire Learning Media Based on Character Education in Civics. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 549–556. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.35949

Coskun, K., Kalin, O. U., & Aydemir, A. (2021). Is Emotional Intelligence Correlated With Values Among Primary Schoolers? SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211020747

Faizah, S. N., Dina, L. N. A. B., & Anggraini, A. E. (2023). Realize Tolerant Students Through Strengthening the Profile of Pancasila Students with Global Diversity in Elementary Schools. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 439–452. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2149

Idrus, S. F. I. Al, Damayanti, P. ., & Ermayani. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 137–146. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992

Khilmiyah, A. (2021). Comparison of emotional and social intelligence assessment of students in state and private school during the pandemic. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(2). https://doi.org/10.21831/pep.v25i2.42528

Maghfiroh, N., & Umam, N. K. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Berkebinekaan Global Melalui Metode Bercerita Untuk Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 75–83. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37471

Nasution, F. M., Nasution, H., & Harahap, A. M. (2023). Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Daniel Goleman (Analisis Buku Emotional Intelligence). Ahkam, 2(3), 651–659. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i3.1838

Nufus, H. H., & Iska, Z. N. (2022). Hubungan Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di Masa Pandemi Covid-19. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.22107

Nugraeni, D. W., Ngabiyanto, Wadiyo, & Raharjo, T. J. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. 09(04), 228–232.

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Sadiah, E., Yanti, P. G., & Tarmini, W. (2024). Global Diversity Values in Indonesia: An Elementary School High-Grade Indonesian Language Textbook Analysis. International Electronic Journal of Elementary Education, 16(3), 377–390. https://doi.org/10.26822/iejee.2024.338

Downloads

Published

2025-06-03