HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24955Keywords:
Emotional Intelligence, Sikap Berkebhinekaan Global, Sekolah DasarAbstract
Perundungan, intoleransi, dan perilaku tidak pantas masih menjadi persoalan serius di lingkungan sekolah dasar hal ini diperkuat dengan adanya data yang menyatakan bahwa 41,1% siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan. Kondisi ini mencerminkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola emosi dan berinteraksi sosial secara sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap berkebhinekaan global pada siswa kelas V di SDN Meruya Utara 03 Pagi dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik simple random sampling dan angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan sikap berkebhinekaan global, dengan koefisien korelasi sebesar 0,42. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kecerdasan emosional sebagai landasan pembentukan sikap inklusif dan toleran pada siswa.Downloads
References
friansyah, A. G. K., Cahyono, H., & Asmaroini, A. P. (2024). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Implementasi Dimensi Kebhinekaan Global Dalam Pendidikan Karakter di SMPN 2 Kecamatan Pulung, Ponorogo. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 84–92. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index
Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pendagogi Dan Pembelajaran, 2(1).
Anasari, L., Baedowi, S., & Purnamasari, I. (2025). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD N 01 KEBONDALEM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 317–325.
Audia, F. A., Zakiah, L., & Utami, N. C. M. (2021). Lectora Inspire Learning Media Based on Character Education in Civics. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 549–556. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.35949
Coskun, K., Kalin, O. U., & Aydemir, A. (2021). Is Emotional Intelligence Correlated With Values Among Primary Schoolers? SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211020747
Faizah, S. N., Dina, L. N. A. B., & Anggraini, A. E. (2023). Realize Tolerant Students Through Strengthening the Profile of Pancasila Students with Global Diversity in Elementary Schools. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 439–452. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2149
Idrus, S. F. I. Al, Damayanti, P. ., & Ermayani. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 137–146. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992
Khilmiyah, A. (2021). Comparison of emotional and social intelligence assessment of students in state and private school during the pandemic. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(2). https://doi.org/10.21831/pep.v25i2.42528
Maghfiroh, N., & Umam, N. K. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Berkebinekaan Global Melalui Metode Bercerita Untuk Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 75–83. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37471
Nasution, F. M., Nasution, H., & Harahap, A. M. (2023). Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Daniel Goleman (Analisis Buku Emotional Intelligence). Ahkam, 2(3), 651–659. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i3.1838
Nufus, H. H., & Iska, Z. N. (2022). Hubungan Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di Masa Pandemi Covid-19. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.22107
Nugraeni, D. W., Ngabiyanto, Wadiyo, & Raharjo, T. J. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. 09(04), 228–232.
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Sadiah, E., Yanti, P. G., & Tarmini, W. (2024). Global Diversity Values in Indonesia: An Elementary School High-Grade Indonesian Language Textbook Analysis. International Electronic Journal of Elementary Education, 16(3), 377–390. https://doi.org/10.26822/iejee.2024.338
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.