Desain Media BARUST : Media Interaktif Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele

Authors

  • Azfa Nurhidayah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Venissa Dian Mawarsari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Rohmat Suprapto Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24960

Keywords:

berpikir geometri, media interaktif, bangun ruang sisi datar

Abstract

Pada materi geometri, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan soal-soal terkait bangun ruang sisi datar serta mengidentifikasi bentuk bangun ruang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga merasa kebingungan ketika dihadapkan pada soal bangun ruang sisi datar yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Masalah ini muncul karena guru belum melibatkan peserta didik secara aktif di kelas. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas dan perkembangan teknologi belum dimanfaatkan secara maksimal. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan mendesain media pembelajaran interaktif bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan berpikir geometri Van Hiele yakni media barust. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain media barust yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain ADDIE yang hanya dibatasi pada tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian ini menghasilkan desain Media interaktif yang disertai dengan hasil validasi dari ahli materi, yang memperoleh rata-rata penilaian sebesar 90,1%, serta dari ahli media dengan nilai rata-rata 92%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Rata-rata gabungan dari ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran ini adalah 91,05%, yang masih tergolong dalam kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa desain media interaktif Barust sudah layak untuk digunakan dan diuji coba pada peserta didik dalam proses pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azzahrah, A. (2021). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap. System Thinking Skills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0, 144–150.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Sd Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V8i2.28934

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Jannah, M., Sulfasyah, S., & Rukli, R. (2024). Praktikalitas Media Interaktif Pembelajaran Membaca Permulaan Berbantuan Powerpoint Berbasis Pendekatan Balanced Literacy Approach. Jurnal Basicedu, 8(1), 584–591. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.5666

Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149–158.

Kurniawan, I. G. D., Sugiarta, I. M., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Dengan Pendekatan Teori Van Hiele Pada Pokok Bahasan Nilai Maksimum Dan Minimum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 30–40. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2850

Mandalina, V. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Pengajaran Matematika di Era Digital Pendahuluan Pendidikan matematika memainkan peran penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah yang esensial bagi siswa untuk men. 134–149.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jpgsd, 08(05), 893–903.

Mawarsari, V. D., Sukestiyarno, Y. L., & Prihaswati, M. (2024). The Analysis of Student’s Needs to Optimize Geometric Thinking Abilities (Vol. 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-267-5_8

Mawarsari, V.D., Larasati, N. B., & Sulistyaningsih, D. (2024). “Geometrical Land” Learning Media Design Material for Building Flat Side Spaces. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 6(1), 61–75. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v6i1.1124

Naja, D. U., & Auliya, N. N. F. (2023). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Html5 Dalam Materi Bangun Ruang Menggunakan Articulate Storyline 3. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 1–10.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47.

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Parindang, E. A., Yuspelto, N. M., Ramlan, W., & Angraini, L. M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. Progressive of Cognitive and Ability, 3(3), 167–180. https://doi.org/10.56855/jpr.v3i3.1035

Pinunggul, R. I., Darmadi, & Apriandi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Visualisasi Menggunakan Adobe Flash Professional Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Silogisme, 1(1), 152–158.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Risma Agustina, Yudha Irhasyuarna, & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81–89. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.119

Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., Rahmawati, A., & Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan aplikasi geogebra pada pembelajaran matematika. Journal on Education, 5(3), 8151–8162.

Susilo, B. E., & Sutarto, H. (2023). GEOMETRI: MANFAAT, PEMBELAJARAN DAN KESULITAN BELAJARNYA. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 6.

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., Refando, A., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman. (2019). Teguh Yunianto_PENGEMBANGANNYA PADA MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Flip Builder , 6(2), 115–127.

Downloads

Published

2025-06-06