PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24966Keywords:
Augmented Reality, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah penggunaan media Augmented Reality (AR) yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual, membuat belajar lebih menarik dan relevan. Namun, pada jenjang sekolah dasar, pemanfaatan media berbasis teknologi masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media AR terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka atau Systematic Literature Review (SLR). Tujuan utama dari metode ini adalah untuk menganalisis dan membandingkan teori-teori yang telah ada dalam literatur penelitian sebelumnya. Sumber literatur yang digunakan berasal dari hasil penelitian atau kajian yang dipublikasikan dalam artikel ilmiah, yang diperoleh melalui mesin pencari data elektronik seperti Publish or Perish dan Google Scholar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan Pustaka sebanyak 5 artikel. Berdasarkan hasil kajian analisis data dan pembahasan 5 artikel yang dilakukan dengan metode SLR, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dan juga memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai tingkat.Downloads
References
Aditya, I. P. T., Udayana, G. B., & Swandi, I. W. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ensiklopedia Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. https://www.isi-
dps.ac.id/berita/seni-
Agustika, G. N. S. (2021). The Influence of Augmented Reality-Based Learning Media on the Students’ Achievement of Mathematics.
Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR)
berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa SMP IT Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952
Aldossari, S., & Alsuhaibani, Z. (2021). Using Augmented Reality in Language Classrooms: The Case of EFL Elementary Students. Advances in Language and Literary Studies, 12(6), 1. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.12n.6.p.1
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPAS di Kelas 4 SDN Panggung Lor. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78–84.
Anggriani, N. D., Nursakinah, & Nursakinah. (2025). Penerapan Media Augmented Reality
Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu untuk
meningkatkan hasil belajar IPAS. GeoScienceEd: Jurnal Pendidikan, Sains,
Geologi, Dan Geofisika, 6(2), 719–723. https://doi.org/https://doi.org
/10.29303/goescienceed.v6i2.723
Angraini, L. M., Yolanda, F., & Muhammad, I. (2023). Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).
Chang, Y. S., Chen, C. N., & Liao, C. L. (2020). Enhancing English-Learning Performance Through a Simulation Classroom for EFL Students Using Augmented Reality—A Junior High School Case Study. Applied Sciences (Switzerland), 10(21), 1–24. https://doi.org/10.3390/app10217854
Dinayusadewi, N. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Development Of Augmented Reality
Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials. In
Journal of Education Technology (Vol. 1, Issue
2).
Hadi, H., & Zahrani, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Geometri dan Aritmatika Sosial Siswa Kelas V Menggunakan Media Augmented Reality. Renjana Pendidikan Dasar,
4(2).
Hasanudin, C. (2025). Revolusi Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Mendorong Pembelajaran. Seval Literindo Kreasi.
Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Elex Media Komputindo.
Kularbphettong, K., Vichivanives, R., & Roonrakwit, P. (2020). Student Learning Achievement through Augmented Reality in
Science Subjects. Proceedings of the 11th
International Conference on Education Technology and Computers, 228–232. https://doi.org/10.1145/3369255.3369282
Lestari, D. E., & Hanif, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi dan
Hasil Belajar IPAS-IPS. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/promagips
Lestari, L. W., & Setyasto, N. (2025). Pengembangan E-Bahan Ajar Berbantuan
Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Mengubah Bentuk Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(3), 385–396. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i3.10420
Mohamad, S., & Husnin, H. (2023). Teachers’ Perception of the Use of Augmented Reality
(AR) Modules in Teaching and Learning. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(9). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i9/18319
Nurhasanah, S., Abdurrahman, A., Andra, D., & Herlina, K. (2021). Augmented Reality
(AR) in Physics Learning: Opportunities to Improve Teacher and Student Interaction in Online Learning. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 145–157.
https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.8486
Pujilestari, M., Eko, B. H., & Enggawati, G. K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Fotosintesis Menggunakan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JICN: Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara, 1(5), 7024–7028. https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Sari, D. R., Hidayanto, E., & Mashfufah, A. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2), 297–303. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.64126
Sun, K. T., & Chen, M. H. (2019). Utilizing Free Augmented Reality App for Learning Geometry at Elementary School in Taiwan. International Journal of Distance Education Technologies, 17(4), 36–53. https://doi.org/10.4018/IJDET.2019100103
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah
Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,.
Waite-Stupiansky, S. (2022). Jean Piaget’s Constructivist Theory of Learning. In Theories of Early Childhood Education. Routledge.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.