PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TAMAMAUNG 1

Authors

  • Nur fadillah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Baharullah Baharullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rezki ramdani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24973

Keywords:

Media Pembelajaran, Mini Book, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Mini Book terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Mini Book terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berpengaruh positif, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penggunaan media Mini Book menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada sebelum penggunaan media Mini Book dan berpengaruh pada hasil belajar matematikanya. Serta terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang menggunakan media Mini Book dan yang tidak menggunakan media Mini Book.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharullah, B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt). Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(2), 14-22.

Baharullah, B., Usman, M. R., & Syam, N. (2022). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari adversity quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1039-1051.

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Siswa Kelas IV Sdn 05 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1-9.

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan Fmipa Uny Pada (Vol. 16).

Faizzah, R., & Wijiastuti, A. (2020). Implementasi Metode Silaba Bermedia Mini Book Pada Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Khusus.

Juliansyah, R., Buwono, S., & Warneri, W. (2018). Penggunaan Media Mini Book Dalam Pembelajaran Ekonomi Dikelas XI Iis Muhammadiyah 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 8(6).

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, Pp. 701-707).

Mariani, Y., & Susanti, E. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1),13- 26

Mawaddah, S., & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di Smp. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika,3(2)

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2).

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75

Nihaya, A. A., Kesumawati, N., & Dirgantara, M. R. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1427-1438.

Oecd. (2019). Indonesia - Country Note - Pisa 2018 Resultsvolume I-III.

Ramdani, R. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 35-44.

Silahuddin, A. (2022). Pengenalan klasifikasi, karakteristik, dan fungsi media pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(02 Desember), 162-175.

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59.

Sudjana, Nana & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.

Sulasteri, S., Sulaiman, U., & Jalil, S. N. (2018). Perbandingan Media Mini Book dan Big Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53-63.

Widodo, Sri Adi. (2015). Keefektivan Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 127–134.

Downloads

Published

2025-06-10