PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI AKU PATUH ATURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS III SDN 018 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Arman Universitas Mulawarman
  • Iksam PGSD FKIP Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24988

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, PTK

Abstract

Tujuannya pada penelitian ini guna mengidentifikasi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III C di SDN 018 Samarinda Ulu pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Aku Patuh Aturan” dengan pengimplementasian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang diadopsi ini yaitu tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc. Taggart, yang terbagi atas beberapa tahapannya antara lain: perencanaan, tindakan, pengamatan, maupun refleksi. Peserta didik kelas III C SDN 018 Samarinda ulu dengan jumlahnya 30 peserta didik sebagai subjeknya dengan rincian 15 laki-laki maupun 15 perempuan. Metode pengumpulan data ini mengadopsi observasi, tes, maupun dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan kualitatif maupun  kuantitatif. Temuan ini menunjukkan bahwasanya sebelum tindakan dilakukan, hanya 43,3% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rerata 69,7. Setelah dilakukannya tindakan di siklus I adanya peningkatan menjadi 56,6% dengan rerata nilai 71,5 dan pada siklus II jua meningkat dengan perolehan hasil akhir 83,3% yakni nilai reratanya 82,2. Sehingga, disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran PBL di kelas III C mampu menambah tingkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Aku Patuh Aturan”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlina, E., Lokaria, E., & Purwasih, L. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Puzzle. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 260–271. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6663

Ermawati, D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. JPG: Jurnal Pendidikan Guru Journal, 5(2), 153–160. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/index

Fatmawati, F., & Asniwati, A. (2023). Implementasi Model LENTERA Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(3), 83–92. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss3.817

Nanda, I., Syafullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, Mulasi, S., Warlizasusi, J., … Bawa, D. G. A. R. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. CV. Adanu Abimata.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Roswita, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Di Kelas Xi A.5 Dengan Pemberian Tugas Dalam Proses Pembelajaran Di SMAN 1 Pekanbaru.

Rustiyarsono, & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. PT. Huda Parhapuran.

Utaminingsih, E. S., Sulasih, S., & Puspita, D. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Di Sekolah Dasar. Research and Development Journal of Education, 9(2), 860. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.16197

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Yuliasari, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Sd. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.514

Downloads

Published

2025-06-06