Inovasi Bahan Ajar Berbasis Genially untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa SD dalam Pembelajaran Ekosistem
Studi Pengembangan Bahan Ajar IPAS Kelas III SDN Percobaan 2 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24989Keywords:
Genially, Motivasi Belajar, EkosistemAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dasar menjadi salah satu kunci dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Materi ekosistem yang diajarkan pada jenjang sekolah dasar masih dirasa sulit dipahami siswa karena bersifat abstrak dan disampaikan menggunakan media yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan inovasi bahan ajar berbasis Genially yang dirancang khusus untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa kelas 3 SD dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk bahan ajar divalidasi oleh ahli materi dan media dengan hasil rata-rata skor sebesar 4,42 yang termasuk kategori sangat valid. Uji coba terbatas dilakukan di kelas 3-A SDN Percobaan 2 Kota Malang dengan jumlah 28 siswa. Kepraktisan bahan ajar dinilai sangat tinggi, dengan skor angket guru sebesar 92,5% dan siswa sebesar 87,5%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest sebesar 74,6 menjadi posttest sebesar 87,9, dengan nilai N-Gain sebesar 0,52 yang masuk dalam kategori sedang menuju tinggi. Selain itu, bahan ajar juga terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui fitur interaktif dan visual yang menarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Genially layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran, serta mendukung pembentukan karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila.Downloads
References
Arifin, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Genially pada materi bangun datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 123–134. https://doi.org/10.1234/jip.v8i2.567
Fadilah, A. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbantuan Genially pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa [Skripsi, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/278362/
Kemendikbud. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://guru.kemdikbud.go.id/profilpancasila/
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
Nieveen, N., & Plomp, T. (2018). Educational design research: Design-based research and development studies. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), An Introduction to Educational Design Research (pp. 11–52). Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Pratiwi, K. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Genially untuk meningkatkan hasil belajar siswa [Skripsi, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/259500/
Sari, A. D., & Hartati, D. (2022). Pengaruh media interaktif berbasis Genially terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53.
Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Yusuf, M. (2023). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran IPAS melalui media digital interaktif. Jurnal Pendidikan Karakter Digital, 6(1), 87–96
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.