ANALISIS KENDALA SISWA MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KATOLIK MANGULEWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24998Keywords:
Kendala Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi siswa kelas 3 Sekolah Dasar Katolik Mangulewa dalam memahami materi pembelajaran pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Bahasa Indonesia, Matematika dan Pendidikan Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melauli observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi Hasil menunjukan bahwa kendala utama yang dihadapi siswa adalah keterbatasan kemampuan memahami konsep abstrak, rendahnya minat dan motivasi belajar, kurangnya penggunaan media yang kontekstual, dan siswa kesulitan dalam mengikuti instruksi guru dalam menggunakan alat peraga karena kurangnya pemahaman atau keterbatasan fasilitas.Downloads
References
Adila, A., Sucipto, S., & Hilyana, F. S. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1261–1268. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120
Aksara, K., & Lutfi. (2024). Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1.2 SD Dharma Karya UT. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Anwar, N., Romadhon, T. N., Sandro, A., & Khikmawanto, K. (2023). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Dalam Mendorong Kreativitas Siswa. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 208–214. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.240
Arifin, M. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–1000. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(10), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Beru, M. Y., Wonga, T. M., & Qondias, D. (2025). Pengembangan Media Papan Tokoh Untuk Pemahaman Karakter Perumus Pancasila Pada Siswa SDN Hedhazita. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i2.5182
Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66-75.
Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309.
Hidayati, P., Syafrizal, & Fadriati. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas PGMI: Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(4), 46–58. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855
Kusumasari, N., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2020). Penerapan model contextual teaching learning berbasis keunggulan lokal terhadap pemecahan masalah siswa kelas V. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4741
Lestari, L., & Septiana, N. (2021). Influence approach to individual on the results of learning math class high SDN 143 Rejang Lebong. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 96–105. https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i2.1054
Lobo, Y. S., Kaka, P. W., Qondias, D., & Sayangan, Y. V. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Dengan Menggunakan Media Elektronik Aplikasi Math Games Elektronik di Kelas 5 SDI Utaseko. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 202-217.
Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan yang ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549–3554. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11580
Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(12), 946–960. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.88914
Permatasary, P. Y. A. M., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2024). Analisis Kebutuhan Media Video Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Kelas IV SD Jepang 3. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7184–7189. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5020
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Pratiwi, A., Makki, M., Istiningsih, S., & Fauzi, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memahami Isi Bacaan Cerita. Journal of Classroom Action Research, 6(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.7675
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138.
Qondias, D., Endu, E. N., Dhey, K. A., & Un, L. M. W. (2023). Peran Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 76-86.
Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860
Utami, I. H. (2020). Relevansi Strategi Pembelajaran dengan Karakteristik Materi Pokok MI/SD. Palapa, 8(2), 383–403. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.911
Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi metode examples non examples dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633
Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941
Zega, J., & Zebua, S. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4), 664–674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.