ANALISIS KENDALA SISWA MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KATOLIK MANGULEWA

Authors

  • Dimas Qondias STKIP Citra Bakti
  • Vinsensia Ledeng STKIP Citra Bakti
  • Sebastiana Irmansari Nio Tegu STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24998

Keywords:

Kendala Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi siswa kelas 3 Sekolah Dasar Katolik Mangulewa dalam memahami materi pembelajaran pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Bahasa Indonesia, Matematika dan Pendidikan Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melauli observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi Hasil menunjukan bahwa kendala utama yang dihadapi siswa adalah keterbatasan kemampuan memahami konsep abstrak, rendahnya minat dan motivasi belajar, kurangnya penggunaan media yang kontekstual, dan siswa kesulitan dalam mengikuti instruksi guru dalam menggunakan alat peraga karena kurangnya pemahaman atau keterbatasan fasilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adila, A., Sucipto, S., & Hilyana, F. S. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1261–1268. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120

Aksara, K., & Lutfi. (2024). Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1.2 SD Dharma Karya UT. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Anwar, N., Romadhon, T. N., Sandro, A., & Khikmawanto, K. (2023). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Dalam Mendorong Kreativitas Siswa. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 208–214. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.240

Arifin, M. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–1000. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(10), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Beru, M. Y., Wonga, T. M., & Qondias, D. (2025). Pengembangan Media Papan Tokoh Untuk Pemahaman Karakter Perumus Pancasila Pada Siswa SDN Hedhazita. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(2), 169–180. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i2.5182

Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66-75.

Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309.

Hidayati, P., Syafrizal, & Fadriati. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas PGMI: Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(4), 46–58. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855

Kusumasari, N., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2020). Penerapan model contextual teaching learning berbasis keunggulan lokal terhadap pemecahan masalah siswa kelas V. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4741

Lestari, L., & Septiana, N. (2021). Influence approach to individual on the results of learning math class high SDN 143 Rejang Lebong. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 96–105. https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i2.1054

Lobo, Y. S., Kaka, P. W., Qondias, D., & Sayangan, Y. V. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Dengan Menggunakan Media Elektronik Aplikasi Math Games Elektronik di Kelas 5 SDI Utaseko. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 202-217.

Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan yang ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549–3554. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11580

Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(12), 946–960. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.88914

Permatasary, P. Y. A. M., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2024). Analisis Kebutuhan Media Video Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Kelas IV SD Jepang 3. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7184–7189. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5020

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545

Pratiwi, A., Makki, M., Istiningsih, S., & Fauzi, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memahami Isi Bacaan Cerita. Journal of Classroom Action Research, 6(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.7675

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138.

Qondias, D., Endu, E. N., Dhey, K. A., & Un, L. M. W. (2023). Peran Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 76-86.

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Utami, I. H. (2020). Relevansi Strategi Pembelajaran dengan Karakteristik Materi Pokok MI/SD. Palapa, 8(2), 383–403. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.911

Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi metode examples non examples dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Zega, J., & Zebua, S. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4), 664–674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974

Downloads

Published

2025-03-30