UPAYA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA SEDERHANA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25020Keywords:
Pembelajaran IPS, media sederhana, sekolah dasar, studi kasus, inovasi guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar melalui pemanfaatan media sederhana pada implementasi Kurikulum Merdeka. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seorang guru kelas di SD 182/I Hutan Lindung yang secara aktif menerapkan pembelajaran IPS berbasis konteks lokal dan media sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan lima fokus utama, yaitu keterbatasan kompetensi teknologi guru yang masih menjadi hambatan; pemanfaatan benda konkret dan media dari lingkungan sekitar sebagai alternatif pembelajaran; kreativitas dalam penyusunan LKPD kontekstual; adaptasi modul dari internet yang disesuaikan dengan realitas lokal siswa; serta upaya guru dalam mengelola perbedaan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini menekankan bahwa kreativitas dan adaptabilitas guru memainkan peran sentral dalam menjembatani keterbatasan sarana pembelajaran, serta menegaskan pentingnya dukungan sistemik berupa pelatihan dan fasilitasi media ajar yang relevan. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru, sekolah, dan pemerintah diperlukan untuk memastikan pembelajaran IPS yang bermakna, inklusif, dan berkelanjutan dalam kerangka Kurikulum Merdeka.Downloads
References
Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025–2033. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.846
Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Analisis Empat Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Penaruban. Jurnal Kependidikan, 11(1), 105–117. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8440
Diandita, Y. N., Saputra, R., & Zulfiati, H. M. (2023). Yusuf Nungky Diandita1, Ria Saputra2, Heri Maria Zulfiati. 9(20), 409–416.
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
Istikomah, N., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(3), 139.
Marifah, S., & Amaliyah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Natalia, S. G., & Kristin, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas Hasil Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5043–5049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1586
Siska, Y., Yusuf, & Japar, M. (2021). Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 50–52.
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419
Wijayanti, A. T. (2015). Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique (Vct) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 72–79. https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5343
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.