PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V SD INPRES BORISALLO

Authors

  • RAHMATIAH Universitas Muhammadiyah Makassar
  • MA'RUF Universitas Muhammadiyah Makassar
  • NASRAH Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25033

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas V SD Inpres Borisallo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan prosedur penelitian observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Borisallo sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata pretest 48,13 dikategorikan rendah dan belum tuntas sedangkan setelah penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada saat posttest nlai rata-ratanya dikategorikan tinggi dan tuntas yaitu 86,60. Pada hasil uji N-Gain nilai rata-rata siswa dikategorikan tinggi yaitu 0,73 dari N-Gain > 0,7. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada Mata Pelajaran IPAS materi sistem pernapasan dan sistem pencernaan manusia kelas V di SD Inpres Borisallo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Agustan, B., & Hidayat, A. R. (2021). Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal, 2(2), 159. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875

Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla, K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas V. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Buku Siswa.

Aulin, N. I., Manalu, A., & Sitio, H. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Di Uptd Sd Negeri 124405 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 849–862. Retrieved from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6339%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/6339/4439

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

C, F. A. F., Sd, U., & Program, M. I. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS ).

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (B. S. Fatmawati, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Fadli, dr. R. (2023). 10 Jenis Organ Pencernaan Manusia dan Fungsinya. Retrieved from https://www.halodoc.com/artikel/10-jenis-organ-pencernaan-manusia-danfungsinya?srsltid=AfmBOooCPnlhx6VcxW_v8Jil3cn5XYNPiBh8uokvkjKfj__DVd1JNJ2Z

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Friday Agustin Nur Naimatun Marfuah, Desi Nuzul Agnafia, R. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Falah Beran Ngawi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1651–1659. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1488

Gusmini, Nurlina, A, & Muafiah Nur. (2023). Pengaruh Metode Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iv Mis Ddi Takku Kabupaten Barru. Nusantara Hasana Journal, 2(10), 10–19. https://doi.org/10.59003/nhj.v2i10.794

Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.187

Muh. Asharif Suleman, Z. I. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Pembelajaran di SD/MI Muh. Asharif Suleman 1 , Zulfi Idayanti 2 1,2 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, 2(3), 221–230.

Mutiara, D., Attalina, S. N. C., & Hamidaturrohmah, H. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Sd Al-Islam Pengkol. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 236–241. https://doi.org/10.24176/re.v14i2.12534

Nawati, A., Kurniastuti, D., Kumalasari, I. D., Wulandari, D., & Nisa, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar, 215–234.

Nurani, C. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Media Kartu Tempel Pada Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Siswa Sekolah Dasarpeningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Media Kartu Tempel Pada Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Siswa Sekolah Da. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 29–35. https://doi.org/10.30595/.v1i2.8483

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. (A. H. Nabila, Ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, MS Denok Sunarsi, S.Pd., M. M. Ch. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.

Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., … Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Media Sains Indonesia.

Rosdiana, Nasrah, & Nur, A. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sekolah Dasar. Edubase: Journal of Basic Education, 4(2), 153–162. Retrieved from http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/1189WebJournal:http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase

Sudaryana, R. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (R. Gunadi, Ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Triningsih. (2022). Berdiferensiasi Sehat Dengan Sari Kurma (Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi). Purbalingga: CV Sketsa Media.

Yusro, A. C., & Ardania, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109

Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3

Downloads

Published

2025-06-14