PENGARUH KEDISIPLINAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA KELAS V SDN SE-KAPANEWON BAMBANGLIPURO

Authors

  • Suhendra Taufiq Universitas Terbuka
  • Sri Sarwanti Universitas Tidar
  • Jaka Warsihna Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25037

Keywords:

Kedisiplinan, Efikasi diri, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Kemandirian belajar penting untuk meningkatkan keberhasilan, menyelesaikan berbagai tantangan, dan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ex post facto. Populasi terdiri dari 333 siswa kelas V SDN se-Kapanewon Bambanglipuro, dengan sampel 172 siswa yang dipilih melalui proportional random sampling berdasarkan Tabel Isaac dan Michael. Data dikumpulkan menggunakan skala psikologi dan dianalisis dengan regresi linier berganda setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil menunjukkan bahwa kedisiplinan (sig. 0,00; t = 16,519) dan efikasi diri (sig. 0,00; t = 13,684) berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar secara parsial, dengan kontribusi masing-masing sebesar 0,616 dan 0,524. Secara simultan, kedisiplinan dan efikasi diri berpengaruh signifikan (sig. 0,00; F = 169,536) dengan kontribusi sebesar 0,667. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru melakukan penguatan kedisiplinan dan efikasi diri siswa, khususnya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Nur F., dkk. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 14(1).

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: CV.PUSDIKRA MJ

Anitasari, Olivia Pandansari, dkk. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 14(1), 82-90.

Ariansyah, M., dkk. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Kemandirian Belajar Kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 2(2),126-134.

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.

Chang, Y. (2021). Engaging in autonomous learning in the outdoors: Final expedition and youth autonomy. Journal of Outdoor and Environmental Education 24, 191–214. https://doi.org/10.1007/s42322-021-00077-8

Csizer, Kata & Albert, Agnes. (2024). Gender‑Related Diferences in the Efects of Motivation, Self‑Eicacy, and Emotions on Autonomous Use of Technology in Second Language Learning. The Asia-Paciic Education Researcher. https://doi.org/10.1007/s40299-023-00808-z

Dewi, R., & Widodo, A. (2019). Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(2), 123-135

Djohan, Rachman N. (2020). Pembelajaran Berpusat Peserta Didik: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fitriani, A., & Amrina, R. (2022). Pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap kemandirian belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan FKIP UMS, 8(2), 228-237.

Hamzah, A. (2021). Hubungan antara kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 157 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Mandiri. 8(2), 111-120.

Handayani, L. (2022). Pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 150-165

Karmila, Nita & Siti Raudhoh. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5,(1).

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhanif, dkk. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4), 1962-973.

Paavilainen, T., et al. (2024). Using Learning Analytics to Support Self-Regulated Learning in Primary Education – A Learning Design Perspective. Tech Know Learn. https://doi.org/10.1007/s10758-024-09808-4

Pintrich, D. R., & Schunk, D. H. (2022). Motivation and self-regulated learning. New York: Routledge.

Prasetyo, A., Nugroho, D., & Lestari, T. (2023). Hubungan antara efikasi diri dan pencapaian akademik pada siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia. 31(2), 78-92

Purwaningsih, Arifah Yuli & Herwin. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan terhadap kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 13(1).

Rahmawati, I., & Suryadi, B. (2023). Efikasi diri dan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 28(1), 45-58.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2021). Self-Regulated Learning: From Teaching to Self-Reflective Practice. New York: Routledge

Suciono, Wira. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Jawa Barat: Penerbit Adab.

Sukmawati, R. (2023). Efikasi diri dan prestasi akademik: Studi empiris pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(3), 128-141

Sundari. (2022). Kemandirian Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu. 6(1), 1389-1397.

Supardi. (2020). Pentingnya Penerapan Disiplin di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter. 5(1), 1-10

Tang, et al. (2024). Investigating the role of self‑selected STEM projects in fostering student autonomy and self‑directed learning. The Australian Educational Researcher.https://doi.org/10.1007/s13384-024-00696-2

Thoha, C. (2019). Kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Karanganyar Kotagede Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1), 1-10

Yang, Q., & Chen, C. (2024). The effectiveness of flipped classroom on autonomous learning ability: a meta-analysis. Asia Pacific Educ. Rev.2024.https://doi.org/10.1007/s12564-024-10013-2

Zaka, I. (2020). Discipline Like Japanese. Klaten: Kaesar Media Pustaka.

Downloads

Published

2025-06-10