PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN PERILAKU MENGHARGAI TERHADAP SIKAP KOLABORASI PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KAPANEWON PANDAK

Authors

  • Priliana Handayani Universitas Terbuka
  • Sri Sarwanti Universitas Tidar
  • Rhini Fatmasari Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25038

Keywords:

Kepercayaan diri, Perilaku menghargai, Sikap kolaborasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kepercayaan diri dan perilaku menghargai terhadap sikap kolaborasi pada Profil Pelajar Pancasila sebagai implementasi Kurikulum Merdeka siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Pandak. Penelitian ini dilaksanakan di 18 SD Negeri dengan populasi siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Pandak tahun pelajaran 2024/2025. Penentuan sampel menggunakan propotional random sampling dengan jumlah 205 responden. Instrumen yang adalah skala psikologi. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Penelitian yang dilaksanakan memberikan hasil bahwa variabel kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap sikap kolaborasi siswa ditunjukkan oleh nilai uji t 11,171>1,652 dengan sumbangan efektifnya sebesar 38,1%. Variabel perilaku menghargai berpengaruh signifikan terhadap sikap kolaborasi siswa ditunjukkan oleh nilai uji t 11,406>1,652 dengan sumbangan efektifnya sebesar 39,1%. Variabel kepercayaan diri dan perilaku menghargai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap kolaborasi siswa dengan nilai uji F sebesar 248,142>3,04 dengan sumbangan efektifnya sebesar 71,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri dan perilaku menghargai berpengaruh terhadap sikap kolaborasi pada Profil Pelajar Pancasila sebagai implementasi Kurikulum Merdeka siswa kelas V SD Negeri se-Kapanewon Pandak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. A., dkk. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, Vol. 1, No. 4, 83-88. https://journal.amikveteran. ac.id/index.php/jpbb/article/view/836/663

Anasti, dkk. (2022). Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS. Jakarta Selatan : Salemba Empat.

Bruhin, dkk. (2024). The role of self-confidence in teamwork : experimental evidence. Experimental Economic, 287-712. https://link.springer.com/article/10.1007/s10683-024-09829-x

Ghafar, Z.N. (2023). The Influence of Self-Confidence on English Language Learning: A systematic Review. International Journal of Applied Educational Research (IJAER), Vol. 1 No. 1, 55 - 68. https:// journal. multitechpublisher. com/index.php/ijaer/index

Ilmiyatni, dkk. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, Vol.7, No.2, 35-45. https://core.ac.uk/download/pdf/289777723.pdf

Ismail, F. (2023). Evaluasi Kurikulum : Relevansi Ranah Afektif dengan Pengamalan Sikap Toleransi dan Kepercayaan Diri. El Dare : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 9, No 1. 104-114. https://repository. radenfatah.ac.id/27996/

Jarvela, S. & Rose, C. P. (2023). Reflecting on what counts as collaboration : Reaching forward without losing what is behind. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, Vol 18, 457-464. https://link. springer.com/article/10.1007/s11412-023-09415-y

Khoiriyah, A. (2016). Pembelajaran Kolaboratif pada Matematika Untuk Membentuk Karakter Generasi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. I No.1, 13-22. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/ jmpm/article/view/502.

Lestariningrum, A. & Jayanti, R.D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong dalam Menanamkan Karakter Menghargai pada anak Usia 5-6 Tahun. Kindergarten, Vol. 2, No. 1, 15 - 22 http://repository.unpkediri.ac.id/ 2508/

Mantau, B. A. K. dan Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 19, No. 1, 86-107. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index. php/ir

Mardiatmoko, G. (2020). The Importance of the Classical Assumption Test in Multiple Linear Regression Analysis: A Case Study of the Preparation of the Allometric Equation of Young Walnuts. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, Vol 14, 333-342. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/barekeng/article/view/1872

Matondang, Z. & Nasution, H.F. (2021). Praktik Analisis Data : Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Medan : CV Merdeka Kreasi Group.

Muhadi, dkk. (2024). Komunikasi Interpersonal sebagai Alat Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Digital dan Penyiaran Islam, Vol. 1, No. 2, 19-23. https://journal.alshobar.or.id/ index.php/jkdpi/article/view/225

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Jawa Tengah : Pradina Pustaka

Perrenoud, dkk. (2024). How does interprofessional education affect attitudes towards interprofessional collaboration? A rapid realist synthesis. Advances in Health Sciences Education. https://link. springer.com/article/10.1007/s10459-024-10368-6

Rohman, A. (2022). Model Pembelajaran Inter-Teams Game Tournament untuk Pengembangan Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, 1 - 10. https://journal.uny.ac. id/index.php/jpip/article/view/4735/4082.

Sarah, T. dan Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasiterhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, Vol. 4, No. 1, 226-233. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/152/125

Sari, T.I dan Rochmiyati, S. (2023). Pembelajaran Interaktif Berbantuan Google Sites dengan Model Pjbl untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khazanah Pendidikan,Vol. 17, No. 1, 106-115. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/ article/view/15855

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, Vol. 5, No. 1, 21 – 27. https://ejurnal. ung.ac.id/index.php/jjec/article/view/17463

Wulandari, H. dkk. (2018). Penerapan Interprofessional Education (IPE) untuk Meningkatkan Ketrampilan Kerjasama Tim. Jakarta : Poltekes Jakarta.

Downloads

Published

2025-06-10