PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDAYA KEPADA SISWA DI TENGAH TANTANGAN GLOBALISASI
engaruh Perkembangan Global terhadap Pembentukan Karakter, Pemahaman Guru Tentang Nilai Budaya Lokal dan Globalisasi, Strategi Pembelajaran untuk Menanamkan Nilai Budaya Guru Sebagai Teladan dalam Mengnternalisasi Nilai Budaya, Kendala dan Tantangan Guru dalam Menanamkan Nilai Budaya, Kolabarasi Sekolah, Orangtua, dan Masyarakat dalam Pendidikan Budaya
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25045Keywords:
Globalisasi, Nilai Budaya, siswaAbstract
Globalisasi berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, dengan melemahnya nilai budaya lokal sebagai salah satu akibatnya. Di Indonesia yang kaya budaya, hal ini menjadi tantangan dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam menanamkan nilai budaya di tengah arus globalisasi, mencakup lima aspek utama: dampak globalisasi, pemahaman guru, strategi pembelajaran berbasis budaya, internalisasi nilai dalam perilaku siswa, serta sinergi sekolah, keluarga, dan masyarakat. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa guru berperan penting dalam mengintegrasikan nilai budaya lokal ke dalam pembelajaran. Kolaborasi antarpihak turut memperkuat pendidikan karakter berbasis budaya, membentuk generasi berkarakter lokal dengan daya saing global.Downloads
References
Ahmad, T. A. (2014). Kendala Guru dalam Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah. Khazanah Pendidikan, 7(1).
Ardila, Y. P., & Rigianti, H. A. (2023). Peran Penting Dan Tantangan Yang Dihadapi Oleh Guru Profesional Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Kelas. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(1), 162-183.
Arif, H. (2017). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 7(1), Article 1.https://doi.org/10.36915/jitu.v7i1.28
Fanan, A. R., Soraya, S. Z. (2024). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran IPS Terpadu. Journal of Social Science and Education 5 (1), 11-20
Fauziah, N. D. Bentuk Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Anak Pada Satuan Paud (Penelitian Studi Kasus Deskriptif di PG & TK Daarut Tauhid). (2022). Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 19(2), 118-127.
Irwan, I., Nuryani, N., & Masruddin, M. (2023). Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 131-154.
Kariadi, D. (2018). Pendidikan Ips Sebagai Wadah Penguatan Nilai Budaya Lokal Di Era Globalisasi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 118. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.255
Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).
Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2025). Tantangan Pendidik Dalam Pengintegrasikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Sekolah Negeri Pada Era Globalisasi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 179-189.
Rosayanti, I. A., Sulaiman, S., & Bermawi, Y. (2018). Kendala Guru dalam Mengimplementasi Nilai-nilai Karakter Berlandaskan Budaya Bangsa dalam Pembelajaran di SD Negeri 54 Banda Aceh. Elementary Education Research, 3(3).
Sebayang, K. B. (2022, July). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Siahaan, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. 649–651. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35843/
Siregar, A., Yanti, D. D., Sipayung, D. V., Adani, M. I., Rianti, N. P., & Purnamasari, I. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Identitas Budaya Lokal. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), Article 8.
Sumartini, Nw, Lasmawan, Iw, & Kertih, Iw (2025). Eksplorasi Kendala Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Sosial: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4 (4), 665-671.
Sunaryati, T., Husniyah, N., Asih, E., Anggraeni, S. R., & Ramadhan, S. (2024). Tantangan Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Global. Jurnal Pendidikan Kolaboratif Nusantara, 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.