DESKRIPSI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELIGENCE DALAM MENYEDIAKAN UMPAN BALIK TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25049Keywords:
xmsmsm, mznssbsbAbstract
Di era Revolusi Industri 4.0, literasi digital merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kecerdasan buatan Artificial Intelligence mendukung siswa sekolah dasar di SD Negeri 2 Lembang, Cina, dalam memberikan umpan balik terhadap literasi digital mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform Canva berbasis Artificial Intelligence khususnya fitur Magic Write dan Text to Image secara signifikan meningkatkan kreativitas, kerapian, dan kualitas keseluruhan karya siswa. Dari 25 siswa yang diamati, sebanyak 80% mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan kategori sangat baik dan baik. Capaian ini dinilai berdasarkan sejumlah indikator, seperti kreativitas, kesesuaian tema, pemanfaatan fitur Artificial Intelligence, keteraturan tata letak, dan kemampuan presentasi poster. Kata Kunci: Kecerdasan Buatan, Literasi Digital, Umpan BalikDownloads
References
Anggraini, O., & Supriyanto, S. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan bagi UMKM Perikanan di Era Industri 4.0? 117–126. https://doi.org/10.33510/slki.2019.117-126
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.
Dewi, A. C. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa indonesia Berbasis AI dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa. 5(1), 1–5.
Hana Thifal Hanifah, Raisa Az Zahra, & Icshan Fauzi Rachman. (2024). Model Pendidikan Literasi Digital Pada Masyarakat Desa: Strategi Pengembangan Kemampuan Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 42–47. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.722
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Tarigan, F. N. (2023). Pengembangan Digital storytelling Berbasis Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Critical thinking Mahasiswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083
TYunefri, Y. (2024). Literasi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Guru Smkn 2 Pinggir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(2), 231–237. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i2.19135
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.