INTEGRASI AI DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25073Keywords:
kecerdasan buatan, Berfikir Kritis, Penulisan IlmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan kecerdasan buatan (AI), khususnya ChatGPT, dalam penulisan karya ilmiah oleh mahasiswa, serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dan wawancara terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar, diperoleh data tentang pola penggunaan AI dan persepsi terhadap kontribusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI paling sering digunakan untuk menyusun kerangka tulisan, parafrase, dan memeriksa tata bahasa. Meskipun AI memberikan efisiensi teknis, kualitas tulisan yang melibatkan AI masih dipertanyakan dari segi keaslian, kedalaman analisis, dan keterkaitan gagasan. Di sisi lain, penggunaan AI secara bijak dapat mendorong pengembangan berpikir kritis dan kreativitas, sementara ketergantungan yang berlebihan berpotensi mengurangi kemampuan berpikir mandiri. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan seimbang dalam penggunaan AI agar integritas akademik tetap terjaga, sekaligus mendukung proses belajar yang bermakna.Downloads
References
Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.
Adzan, G., & Azhar, A. (2024). Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2297-2308.
Apriliani. (2024). Penggunaan Artifical Intelligence dalam Pembelajaran bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 7(1), 15-21.
Arisanti, I., Rasmita., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences AI dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kreatifitas Pendidik di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195-5205.
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artifical Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8-14.
Harmilawati., Rifqatussa’diyah., Amalia, P., Majid, H., & Sahrah, I. (2024). Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Sentikjar, 26-31.
Hartanto, A., Y. & Rohmah, F., N. (2024). Makin Marak Siswa Pakai AI untuk Mengerjakan Tugas. Diakses pada 7 Mei 2025 https://tirto.id/penggunaan-ai-di-dunia-pendidikan-makin-marak-dan-merata-gZax
Jamaludin, U., Pribadi, R., A. & Sarni. S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 3427-3256.
Jenita, Saputra, A., M., Salwa, Wijayanto, G., Asri, H., & Novandalina, A. (2023) Pemanfaatan Artifical Intelligence dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks Sinta. Communnity Development Journal, 4(5), 10292-10299.
Lukman, Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Jurnal Madaniyah, 13(2), 242-255.
Moloeng, L., J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N., Hernawati., & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 10(1), 54-60
Parindra, G., Rustam., & Priyanto. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelegence (AI) ChatGPT dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 891-900.
Sulaeman, Anggraini, R., Paramasyah, A., Fata, T.,H & Judjanto, L. (2024). Peran Artifical Intelligences Sebagai Alat Bantu dalan Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Era Disuptif. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 5206-5201.
Ummah, M., Siswanto, W., & Andajani, K. (2025). Implikasi Etika Keilmuan dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI Man 2 Mokokerto. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1), 179-191.
Yasmin, K., Awal, R., Azzahra, S., Aini, N., & Marwa. (2025) Literature Review: Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Magister Pedagogi Innovation and Sustainability in Pedagogical Research and Education, 142-150.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.