Analisis Karakteristik Tokoh Utama Dalam Film Finding Nemo

Authors

  • Azriny Azreen rusviana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25078

Keywords:

film;karakter; karakterisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik tokoh utama dalam film Finding Nemo dan mengetahui hal-hal atau peristiwa yang menggambarkan karakter tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa gambar dan narasi yang diambil dari film. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Peneliti menganalisis film ini secara mendalam mengenai peristiwa-peristiwa yang menonjolkan karakterisasi tokoh dalam film Finding Nemo sebagai medium narasi yang kaya akan pesan moral dan emosional, khususnya pada film Finding Nemo. Penelitian ini menemukan bahwa karakteristik tokoh utama, yaitu Marlin dan Nemo, tercermin melalui berbagai peristiwa yang dialami sepanjang film. Marlin digambarkan sebagai tokoh yang protektif, penuh kecemasan, namun memiliki keberanian yang tumbuh seiring cerita, sedangkan Nemo menunjukkan karakteristik keberanian, kemandirian, dan semangat belajar yang tinggi. Peristiwa-peristiwa seperti usaha Marlin dalam mencari Nemo di lautan luas dan perjuangan Nemo untuk membuktikan kemampuannya menggambarkan dinamika hubungan ayah dan anak yang kompleks dan penuh kasih sayang. Selain itu, analisis juga menunjukkan bagaimana interaksi dengan tokoh-tokoh lain, seperti Dory yang ceria dan optimistis, turut memengaruhi perkembangan karakter utama dalam menghadapi tantangan. Pesan-pesan moral yang ditonjolkan dalam film ini, seperti pentingnya keberanian, kepercayaan, dan nilai persahabatan, berhasil disampaikan melalui narasi dan visual yang kuat. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam kajian naratif film animasi serta pemahaman lebih mendalam mengenai cara film menyampaikan pesan-pesan penting kepada penonton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. UMM Press, 6.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, 49-51.

Effendy, O. U. (2003). lmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya, 134-136.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta, 3.

Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.

Samami, M. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya, 43.

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development. McGraw-Hill, 10-12.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 80-82.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, 96-98.

Wiyani, N. a. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Ar Ruzz Media, 26.

Downloads

Published

2025-06-06