MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Nurul Hijja Universitas Negeri Makassar
  • Rahmayanti Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02`.25097

Keywords:

Media Pembelajaran, Sumber Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Media dan sumber pembelajaran bahasa Indonesia memberikan kontribusi terhadap proses pembelajaran. Dengan media dan sumber yang bervariasi membuat peserta didik lebih termotivasi dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap bentuk-bentuk media dan sumber pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian ini adalah menjelaskan bentuk-bentuk media dan sumber pembelajaranbahasa Indonesia, yang terdiri atas media powerpoint, kartu huruf, kahoot, pop up book dan komik, serta sumber internet, website, YouTube, dan emodul. Oleh karena itu, dengan banyaknya variasi media dan model pembelajaran diharapkan dapat mempermudah tenaga pendidik menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmayanti, N. K., & Surya Abadi, I. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual Dalam Muatan Materi Gagasan Pokok Dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 170. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i1.32481

Fatria, F. (2018). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE DRIVE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 2(1), 138–144. Https://Doi.Org/10.32696/Ojs.V2i1.158

Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan E-Modul Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 16. Https://Doi.Org/10.36312/E-Saintika.V4i1.165

Leuwpl, F. S., Setyawan, G. C., Riyadi, A., Al, A., & Saputra, D. G. (T.T.). Use Of Technology In Open And Distance Learning: Transforming Education. Transforming Education.

Muhajir, J., & Nur Azmi, S. (3). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Si Kahood Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SDN 130 Inpres Gantarang Tompobulu Kecamatan Maros. 9(2024), 2548–6950.

Muis, A. A. (1). PERANAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE. X(2021), 189–222. Https://Doi.Org/DOI: Https://Jurnal.Umpar.Ac.Id/Index.Php/Ibrah

Nimat, M. F. S., Ita, E., & Nafsia, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PERMULAAN ANAK USIA 5-6TAHUN DITAMANKANAK-KANAK BOBOU. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 709–718. Https://Doi.Org/10.38048/Jcpa.V2i3.1122

Rofiqoh, A., & Khairani, I. (T.T.). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Ibtidaiyah.

Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V18i1.4266

Sharma, N. A. A. (2024). PERAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI ERA DIGITAL DALAM EFEKTIVITAS BERKOMUNIKASI. Prosodi, 18(1), 153–158. Https://Doi.Org/10.21107/Prosodi.V18i1.23234

Solehuddin, Moh., Sopandi, E., Saputra, D. G., Dhaniswara, E., Yulianto, S., Wei, Z., & Xu, S. (2023). Development Of Adaptive E-Learning Content To Increase Learning Effectiveness. Journal International Inspire Education Technology, 2(2), 87–98. Https://Doi.Org/10.55849/Jiiet.V2i2.457

Tri Ayu Mareta, Desty Endrawati Subroto, Lailaturrohmah Aulia, Siti Nuryanah, & Ratu Najwa Fadilah. (2025). Peran Media Sosial Youtube Sebagai Media Edukasi Dalam Pendidikan Generasi Z. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 98–106. Https://Doi.Org/10.59061/Guruku.V3i1.894

Wahyuni, N., Putri, D. K., Widiyastuti, S., Siburian, H. K., & Saputra, D. G. (2024). The Impact Of Social Media On The Learning Process Of Children Aged 6-12 Years Old. Journal International Of Lingua And Technology, 3(1), 29–42. Https://Doi.Org/10.55849/Jiltech.V3i1.507

Downloads

Published

2025-06-02