ANALISIS PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DALAM PENCEGAHAN TINDAK BULLYING SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Angga Aji Prasetyo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Tri Sutrisno Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25099

Keywords:

Moral Education, Pancasila Values, Bullying, Elementary School, Teacher’s Role

Abstract

This study aims to analyze the implementation of moral education based on Pancasila values in efforts to prevent bullying in elementary school environments, with a particular focus on SD N 1 Sidokarto. Additionally, the research explores the contribution of teachers in reducing bullying cases through the practice of Pancasila values in daily activities. This study employs a qualitative method with a descriptive approach. The research subjects consist of the fourth-grade homeroom teacher, fourth-grade students, and school staff as additional informants. Data collection techniques include participatory observation, in-depth interviews, and documentation. The data were analyzed using thematic analysis techniques, involving data reduction, categorization, and conclusion drawing. The findings indicate that the values of Belief in One Supreme God, Just and Civilized Humanity, and the Unity of Indonesia have been internalized through regular school programs such as communal Dhuha prayer,scouts, and clean Friday daily literacy routines, and the 3S activities (Smile, Greet, Salute). These programs have contributed to shaping students’ character to be more respectful, disciplined, and responsible. Although challenges remain in strengthening the value of unity outside the classroom and addressing bullying incidents, the active role of teachers in modeling and supervising student behavior is crucial in creating a safe and respectful school environment. This study is expected to offer recommendations for enhancing Pancasila-based moral education as a strategy to prevent bullying in elementary schools. Keywords: Moral Education, Pancasila Values, Bullying, Elementary School, Teacher’s Role Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan moral berbasis nilai-nilai Pancasila dalam upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah dasar, dengan fokus utama di SD N 1 Sidokarto. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi kontribusi guru dalam menekan kasus bullying melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi wali kelas IV, siswa kelas IV, dan staf sekolah sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, yang melibatkan proses reduksi data, pengelompokan kategori, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, serta Persatuan Indonesia telah diinternalisasikan melalui program rutin sekolah, seperti Sholat Dhuha berjamaah, pembiasaan literasi, 3S (Senyum, Sapa, Salam), pramuka, dan jumat bersih. Program-program ini berkontribusi dalam membentuk karakter siswa menjadi lebih menghargai sesama, disiplin, dan bertanggung jawab. Meskipun masih terdapat tantangan dalam memperkuat nilai persatuan di luar kelas dan mengatasi kasus bullying, keterlibatan aktif guru dalam memberikan keteladanan dan pengawasan perilaku siswa menjadi kunci terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan saling menghormati. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk memperkuat pendidikan moral Pancasila sebagai upaya mencegah bullying di sekolah dasar. Kata Kunci: Pendidikan Moral, Nilai Pancasila, Bullying, Sekolah Dasar, Peran Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Aisyah, S. H., & Hidayah, U. (2024). Pembentukan Karakter Social Awareness Melalui. 6(April), 286–303.

Amalianita, B., Eliza, R., Putra, R. P., Rahmayanty, D., & Niki, U. (2023). Peran pendidikan karakter remaja di sekolah serta implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling. Jurnal IICET, 8(2), 276–283.

Azizah, F., & Yamin. (2023). Analisis Pengetahuan Orang Tua Terhadap Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak Pada Perilaku Intimidasi Siswa ( Bullying ). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 36–43.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fika, R. N. D., & Lu’luil Maknun. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia SD Untuk Mencegah Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i1.16

Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130

Kartika, N. P., & Astutik, A. P. (2024). Strategi Sekolah Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying. 6(1), 406–414. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf

Manik, P. S., Simanungkalit, J., Panjaitan, D., & Sitinjak, P. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Pencegahan dan Penanganan Kasus Bullying di Sekolah. 8, 42979–42986.

Nurhakim, H. Q., Sanusi, I., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Siswa. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 166. https://doi.org/10.32332/tapis.v8i2.9438

Paedagoria, S. N., Muhdar, S., Rahman, N., Guru, P., Dasar, S., & Mataram, U. M. (2024). Peran Guru Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Pembentukan Etika dan Moral Guna Mencegah Terjadinya Kekerasan Bullying. 4, 108–117.

Paramitha, R., Sukardi, & Hidayad, F. (2024). Peranan Guru Dalam PencegahanBullying Siswa Kelas V SekolahDasar Negeri 229 Palembang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8311–8322.

Pratiwi, E. F., Sa’aadah, S. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan melalui Nilai Pancasila dalam Menangani Kasus Bullying. Jurnal Basicedu, 5(6), 5472–5480. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1648

Purnaningtias, F., Aika, N., Al farisi, M. S., Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.51

Sukirno, S., Juliati, J., & Sahudra, T. M. (2023). The Implementation of Character Education as an Effort to Realise the Profile of Pancasila Students Based on Local Wisdom. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1127–1135. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2471

Sunaryati, T., Subekti, W. U., Lukito, A. N., & Sari, W. P. (2024). Peran Pembelajaran Pancasila dalam Membangun Moralitas dan Karakter Anti Bullying melalui Nilai-Nilai Pancasila Siswa di Kelas V SDN. 6, 72–94.

Wahyu Adi Setiawan, & Arief Cahyo Utomo. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Meminimalisir Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2367–2380. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8405

Downloads

Published

2025-05-29