IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK KESEJAHTERAAN PESERTA DIDIK DI SDIT CORDOVA 4

Authors

  • Nazwa Azhar Aulia Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Mbette Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

sekolah ramah anak, kesejahteraan peserta didik, lingkungan pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SDIT Cordova 4 Pinang Kota Tangerang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan prinsip-prinsip SRA meskipun belum secara formal mengadopsi program tersebut. Upaya yang dilakukan meliputi penciptaan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, pembentukan kedekatan emosional antara guru dan siswa, serta kolaborasi dengan orang tua melalui komite sekolah. Namun, ditemukan beberapa tantangan, seperti masih adanya kasus perundungan verbal dan kurangnya pelatihan khusus bagi guru terkait SRA. Secara keseluruhan, implementasi nilai-nilai SRA di SDIT Cordova 4 telah memberikan dampak positif terhadap kenyamanan dan keterbukaan siswa, meskipun masih diperlukan penguatan dalam aspek pengawasan interaksi siswa dan peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan yang lebih terstruktur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Program Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 155-168.

DAN, K. P. P. (2015). Panduan sekolah ramah anak.

Fahmi, A. (2021). Implementasi program sekolah ramah anak dalam proses pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 33-41.

Iskandar, D., Hendrowati, T. Y., & Siswoyo, S. (2024). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mengembangkan Sekolah Berkarakter. Manajemen Pendidikan, 61-72.

Khomsin, A., Jaya, I., & Utami, N. C. M. (2024, April). Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA): Sebuah Kajian Literatur Implementasi dan Dampaknya di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 354-362).

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2015). Panduan nasional sekolah ramah anak. Jakarta, Indonesia: Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, KPPPA.

Kurniyawan, M. D., Sultoni, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen sekolah ramah anak. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192-198.

Nurlaila, A. (2015). Sekolah ramah anak: Konsep dan implementasi. Jakarta, Indonesia: Pustaka Pendidikan.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang Sekolah Ramah Anak. (2014). Jakarta, Indonesia: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38.

Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. New York, NY: Basic Books.

Sutami, B., Setyawan, D., & Fithriana, N. (2020). Implementasi program sekolah ramah anak dalam mewujudkan Kota layak anak di Kota Batu. Reformasi, 10(1), 19-26.

Yulianto, A. (2016). Pendidikan holistik integratif dalam konteks sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 123-134.

Downloads

Published

2025-05-29