Efektivitas Media Pembelajaran Ramah Anak Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas III SD 2 Karangbener

Authors

  • Millaty Azkha Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Eva Luthfi Fakhru Ahsani Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25115

Keywords:

Effectiveness of Child-Friendly Media; Numeracy Literacy; SD 2 Karangbener

Abstract

ABSTRACT Numeracy literacy skills are one of the basic skills that are very important for students to understand and apply mathematical concepts in everyday life. However, currently many students have difficulty in understanding numeracy literacy, both in school and at home. Some factors that cause these problems include the lack of use of supporting learning media, teaching methods that do not actively involve students, and low learning motivation. This study aims to disseminate how effective the use of child-friendly learning media is in improving numeracy literacy skills in grade III students at SD 2 Karangbener. The method used is quantitative research with a Pre-Experimental experimental approach and a one group pretest-posttest design. The subjects of this study were grade III students of SD 2 Karangbener. Data collection was carried out through tests with instruments in the form of pretest and posttest questions. The data analysis technique used a t-paired sample test, which consisted of the Shapiro Wilk normality test and the homogeneity test. In the one sample Shapiro Wilk normality test, the pretest value was 0.202> 0.005, while the posttest was 0.282> 0.005. while in the homogeneity test, the 2-tailed sig value was obtained at 0.372 > 0.05, which means that the data is normally distributed. The results of the study indicate that child-friendly learning media is effective in improving the numeracy literacy of grade III students of SD 2 Karangbener. Keywords: Effectiveness of Child-Friendly Media; Numeracy Literacy; SD 2 Karangbener ABSTRAK Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting agar siswa dapat memahami serta menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami literasi numerasi, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Beberapa faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut antara lain kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mendukung, metode pengajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif, serta rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menyebarkan seberapa efektif penggunaan media pembelajaran yang ramah anak dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada siswa kelas III di SD 2 Karangbener. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen Pre-Eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD 2 Karangbener. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t-paired sample test, yang terdiri dari uji normalitas Shapiro wilk dan uji homogenitas. Pada uji normalitas one sample Shapiro wilk diperoleh nilai pretest 0.202 > 0.005, sedangkan posttest 0.282 > 0.005. sedangkan pada uji homogenitas diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0.372 > 0.05 yang artinya data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ramah anak efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa kelas III SD 2 Karangbener.   Kata Kunci: Efektivitas Media Ramah Anak; Literasi Numerasi; SD 2 Karangbener

Downloads

Download data is not yet available.

References

N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Downloads

Published

2025-05-29