I IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA: UNDERSTANDING BY DESIGN, BERDIFERENSIASI, DAN DEEP LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25134Keywords:
kurikulum merdeka, understanding by design, berdiferensiasi, deep learningAbstract
Kurikulum merdeka mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023, mulai dari jenjang TK hingga SMA/Sederajat. Meskipun kurikulum ini sudah berjalan sekitar tiga tahun, namun masih terdapat kendala, seperti guru yang belum memahami esensi merdeka belajar, sekolah baru menerapkan kurikulum merdeka, dan kendala guru dalam merancang model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka, yaitu pemahaman berdasarkan desain , berdiferensiasi, dan pembelajaran mendalam . Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematik , yang dilakukan dengan menentukan pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka ( understanding by design , berdiferensiasi, dan deep learning ). Sebanyak 30 artikel dan buku telah diseleksi sesuai dengan kriteria penelitian, seperti tahun publikasi dan kesesuaian dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran kurikulum merdeka yang terdiri dari Understanding by Design , Berdiferensiasi, dan Deep Learning belum secara merata diterapkan di satuan pendidikan, khususnya pendekatan Understanding by Design dan Deep Learning . Implementasi pendekatan pembelajaran yang cukup ditekankan dalam kurikulum merdeka adalah pendekatan berdiferensiasi yang menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Meskipun demikian, kendala yang terjadi adalah guru yang hanya memahami secara konsep, tanpa memahami komponen-komponennya.Downloads
References
Adi, N. N. S., Okta, D. N., & Surata, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding by Design (Ubd) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 25(1), 157–172. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3662
Arifiani, I. K., & Umami, N. (2023). Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smkn 1 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 872–878.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id
Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155.
Gunartha, I. W., Widiasri, D. A., & Suarsa, I. N. (2024). Implementasi Prinsip Understanding by Design (Ubd) dalam Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen: Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era Global. PEDALITRA IV : Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 9–18.
Hanafiah, H., Sopandi, U., & Maemunah, R. S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi di SMPN 4 Ciconpet Kabupaten Garut. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 2884–2891.
Latif, E. Y., Idrus, R., & Perdana, C. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8(1), 73–84. https://e-journal.my.id/cjpe
Marlensi, L., Adisel, A., & Giyarsi, G. (2024). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA KELAS IV DI MIN 01 BENGKULU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4877–4884.
Natsir, S. R. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif Pendekatan Deep Learning dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 2025.
Nugraha, M. T., & Hasanah, A. (2021). Membentuk Karakter Kepemimpinan pada Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Deep Learning. AL-HIKMAH: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 15–23.
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798–1805.
Nurjanah, I. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran di SDN Sambongdukuh 3 Jombang. JPGSD, 07(07), 3818–3827.
OECD. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018.
Perera, C., Zaslavsky, A., Christen, P., & Georgakopoulos, D. (2014). Context Aware Computing for The Internet of Things: A Survey. IEEE Communications Surveys & Tutorials, 16(1), 414–454. https://doi.org/10.1109/SURV.2013.042313.00197
Ramli, D. P. S., & Argaswari, D. P. A. D. (2023). Praktik Mengajar Understanding by Design (UbD) bagi Calon Guru Pendidikan Matematika di Universitas Sampoerna. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1492–1504. https://doi.org/https://doi.org/:10.31004/educatif.v5i3.4865
Setiyawati, N., Milianti, Septiani, U. R., & Titin. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan UbD. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran (JPPP), 4(3), 170–174. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16126
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik (JPKP), 2(2), 69–77.
Suyanto, Mubarak, A. Z., Darmawan, C., Wahyudin, D., Qodir, D. A., Iskandar, H., & Wiyono, H. T. (2025). Pembelajaran Mendalam: Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Thariq, R. A. B. (2024). Implementasi Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Deep Learning. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1–14. https://doi.org/10.62281
Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Usfira, M., Aklimawati, & Isfayani, E. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Understanding by Design terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 338–352. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.338-352
Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design (Extended 2). VA: ASCD.
Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. In Indonesian Research Journal on Education Web Jurnal Indonesian Research Journal on Education (Vol. 5).
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241–250.
Yolanda, Y., Fauziah, A., Toha, J. M., Kuti, K. A., Lubuklinggau, K., & Selatan, S. (2024). Keterampilan Pemecahan Masalah, Sharing Task dan Jumping Task Mahasiswa Menggunakan Case Method dengan Pendekatan Deep Learning. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 6(2), 303–317. https://doi.org/10.31540/sjpif.v6i2.3268
Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik COVID-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 75–88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.