PENERAPAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN (RADEC) BERBANTUAN MEDIA LITERACY CLOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25154Keywords:
Model RADEC, Literacy Cloud, Membaca Pemahaman, RADEC Model, Reading ComprehensionAbstract
ABSTRACT English language skills are important in today's civilization. Schools are a good educational space to provide English subjects with the aim of improving and honing the English language skills of students. This happens, because the English language skills of Indonesian citizens are still low. Based on the results of preliminary observations of 6th grade students at SDS Kristen Pasundan, it shows that their reading comprehension skills in English are still lacking. Therefore, through this study aims to determine the activities of the application of the RADEC model assisted by Literacy Cloud media and determine the results of reading comprehension skills in English. The method used is Classroom Action Research (PTK). The results of this study showed that there was an increase in English reading comprehension skills from Cycle I - III. Keywords: RADEC Model, Literacy Cloud, Reading Comprehension ABSTRAK Kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal yang penting di tengah peradaban saat ini. Sekolah menjadi ruang Pendidikan yang baik untuk menyediakan mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan tujuan untuk meningkatkan serta mengasah kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Hal ini terjadi, karena kemampuan berbahasa inggris warga Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap peserta didik kelas 6 di SDS Kristen Pasundan, menunjukkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris masih kurang. Oleh karenanya, melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivtas penerapan model RADEC berbantuan media Literacy Cloud dan mengetahui hasil kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris dari Siklus I – III. Kata Kunci: Model RADEC, Literacy Cloud, Membaca PemahamanDownloads
References
Astri, D., Lukman, N., & Anggun, I.
(2022). Pengaruh Penggunaan
Literacy Cloud terhadap Minat
Baca dan Keterampilan
Membaca Pemahaman. Jurnal
Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2),
200–210.
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v1
5i2.51222
Desti, S., Indah, N., & Nadia, T.
(2024). Pengaruh Strategi
Survey, Question, Read, Recite,
Review (SQ3R) Berbantuan
Media Komik Digital Terhadap
Peningkatan Kemampuan
Membaca Pemahaman Peserta
Didik Di Sekolah Dasar
PESERTA DIDIK DI SEKOLAH
DASAR. 09.
Dwicky Putra Nugraha, D. M. (2023).
Pengaruh Literacy Cloud
Terhadap Minat Baca Dan
Keterampilan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas Iv Sd.
Jurnal Elementary, 6(1), 11.
https://doi.org/10.31764/element
ary.v6i1.12315
Erna, S., & Sunata. (2023).
Penerapan Pembelajaran
RADEC Berbantuan Media
Flipbook Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca
Pemahaman Peserta Didik.
Mentari, P. A., Rakhmat, C., &
Indihadi, D. (2014). Penerapan
Teknik Scaffolding dalam
Pembelajaran Membaca
Pemahaman Literasi Bahasa
Inggris. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
1(2), 54–61.
Pahlevi, R. (2021). Rendah, Tingkat
Kecakapan Bahasa Inggris
Masyarakat RI Peringkat 5 di Asia
Tenggara.
Databoks.Katadata.Co.Id.
Pohan, A. A., Abidin, Y., &
Sastromiharjo, A. (2021). Model
Pembelajaran RADEC dalam
Pembelajaran Membaca
Pemahaman Siswa.
Risnawati, R., Manda, D., & Suardi, S.
(2022). Pengaruh Penggunaan
Gadget dan Perilaku Sosial
Terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik di Sekolah Dasar.
Phinisi Integration Review, 5(1),
127.
https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.
31802
Suharti, & Rudi, S. (2020).
Implementasi Muatan Lokal
Bahasa Inggris dalam
Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Bahasa Inggris Siswa
di Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Alam (JP-IPA), 1(02), 36–49.
https://doi.org/10.56842/jp-
ipa.v1i02.10
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021).
Model Pembelajaran RADEC
sebagai Alternatif dalam
Meningkatkan Higher Order
Thinking Skill pada Pembelajaran
IPA di Sekolah Dasar: Systematic
Review. Jurnal Basicedu, 5(6),
5508–5519.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v5i6.1680
Viny, S., & Ika, Y. (2023). Analisis
Kemampuan Membaca
Permulaan dan Kesulitan yang
dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah
Dasar. Jurnal Lensa Pendas,
8(2), 113–122.
https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.