PENERAPAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN (RADEC) BERBANTUAN MEDIA LITERACY CLOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Yosi Anggia Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Indah Nurmahanani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Nadia Tiara Antik Sari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25154

Keywords:

Model RADEC, Literacy Cloud, Membaca Pemahaman, RADEC Model, Reading Comprehension

Abstract

ABSTRACT English language skills are important in today's civilization. Schools are a good educational space to provide English subjects with the aim of improving and honing the English language skills of students. This happens, because the English language skills of Indonesian citizens are still low. Based on the results of preliminary observations of 6th grade students at SDS Kristen Pasundan, it shows that their reading comprehension skills in English are still lacking. Therefore, through this study aims to determine the activities of the application of the RADEC model assisted by Literacy Cloud media and determine the results of reading comprehension skills in English. The method used is Classroom Action Research (PTK). The results of this study showed that there was an increase in English reading comprehension skills from Cycle I - III. Keywords: RADEC Model, Literacy Cloud, Reading Comprehension ABSTRAK             Kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal yang penting di tengah peradaban saat ini. Sekolah menjadi ruang Pendidikan yang baik untuk menyediakan mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan tujuan untuk meningkatkan serta mengasah kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Hal ini terjadi, karena kemampuan berbahasa inggris warga Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap peserta didik kelas 6 di SDS Kristen Pasundan, menunjukkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris masih kurang. Oleh karenanya, melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivtas penerapan model RADEC berbantuan media Literacy Cloud dan mengetahui hasil kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris dari Siklus I – III. Kata Kunci: Model RADEC, Literacy Cloud, Membaca Pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astri, D., Lukman, N., & Anggun, I.

(2022). Pengaruh Penggunaan

Literacy Cloud terhadap Minat

Baca dan Keterampilan

Membaca Pemahaman. Jurnal

Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2),

200–210.

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v1

5i2.51222

Desti, S., Indah, N., & Nadia, T.

(2024). Pengaruh Strategi

Survey, Question, Read, Recite,

Review (SQ3R) Berbantuan

Media Komik Digital Terhadap

Peningkatan Kemampuan

Membaca Pemahaman Peserta

Didik Di Sekolah Dasar

PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

DASAR. 09.

Dwicky Putra Nugraha, D. M. (2023).

Pengaruh Literacy Cloud

Terhadap Minat Baca Dan

Keterampilan Membaca

Pemahaman Siswa Kelas Iv Sd.

Jurnal Elementary, 6(1), 11.

https://doi.org/10.31764/element

ary.v6i1.12315

Erna, S., & Sunata. (2023).

Penerapan Pembelajaran

RADEC Berbantuan Media

Flipbook Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca

Pemahaman Peserta Didik.

Mentari, P. A., Rakhmat, C., &

Indihadi, D. (2014). Penerapan

Teknik Scaffolding dalam

Pembelajaran Membaca

Pemahaman Literasi Bahasa

Inggris. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

1(2), 54–61.

Pahlevi, R. (2021). Rendah, Tingkat

Kecakapan Bahasa Inggris

Masyarakat RI Peringkat 5 di Asia

Tenggara.

Databoks.Katadata.Co.Id.

Pohan, A. A., Abidin, Y., &

Sastromiharjo, A. (2021). Model

Pembelajaran RADEC dalam

Pembelajaran Membaca

Pemahaman Siswa.

Risnawati, R., Manda, D., & Suardi, S.

(2022). Pengaruh Penggunaan

Gadget dan Perilaku Sosial

Terhadap Prestasi Belajar

Peserta Didik di Sekolah Dasar.

Phinisi Integration Review, 5(1),

127.

https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.

31802

Suharti, & Rudi, S. (2020).

Implementasi Muatan Lokal

Bahasa Inggris dalam

Meningkatkan Kemampuan

Berbicara Bahasa Inggris Siswa

di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Alam (JP-IPA), 1(02), 36–49.

https://doi.org/10.56842/jp-

ipa.v1i02.10

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021).

Model Pembelajaran RADEC

sebagai Alternatif dalam

Meningkatkan Higher Order

Thinking Skill pada Pembelajaran

IPA di Sekolah Dasar: Systematic

Review. Jurnal Basicedu, 5(6),

5508–5519.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v5i6.1680

Viny, S., & Ika, Y. (2023). Analisis

Kemampuan Membaca

Permulaan dan Kesulitan yang

dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah

Dasar. Jurnal Lensa Pendas,

8(2), 113–122.

https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2

Downloads

Published

2025-06-12

Most read articles by the same author(s)