PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SDN 12 PADANG LUA KABUPATEN AGAM

Authors

  • Sandra Ivalent Universitas Negeri Padang
  • Zuryanty Zuryanty Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25240

Keywords:

Learning Outcomes, Science and Social Studies, Cooperative Learning, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Kooperatif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 12 Padang Lua, Kabupaten Agam. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik akibat kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran IPAS oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan 25 peserta didik kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan tes, dengan sumber data berupa penilaian terhadap Modul Ajar, pelaksanaan pembelajaran, serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada berbagai aspek. Rata-rata penilaian Modul Ajar meningkat dari 86,11% (baik) menjadi 97,22% (sangat baik). Aktivitas guru meningkat dari 83,33% menjadi 94,44%, sedangkan aktivitas peserta didik dari 88,33% menjadi 94,44%. Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari rata-rata 74,20 (kualifikasi cukup) pada siklus I menjadi 82,00 (kualifikasi baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif dengan pendekatan CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN 12 Padang Lua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, F. N., & S, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 15 Tabing Kecamatan Bonjol. 4, 36–47.

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. 1841–1854.

Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.

Ardi isnanto, B. (2023). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Detikproperti, 08, 119–121.

Arinie, S., & Azmah, N. (2025). Komponen Modul Ajar Dan Manfaatnya Bagi Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Abad 21. 3, 291–297.

Artini, N. M. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa SD Negeri 3 Lemukih Singaraja. 3(November), 409–417. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367614

Aufa, S., & Zuryanty. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 14 Sungai Aur. Journal Of Social Science Research, 3(2), 3074–3083.

Bima, M., Ariyani, L. F., Meinita, S., & Sanjaya, P. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT Ibnu Hajar Balikpapan Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPAS. 4, 49–57.

Bloom, B. S., Krathwohl, D. R., & Masia, B. B. (1964). Handbook II: Affective Domain, the Taxonomy of Educational Objectives.

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Learning. 8(1).

Dr. Aprido B. Simamora, M. P., Dr. Muktar B. Panjaitan, M. S., Dr. Andriono Manalu, M. P., Dr. Asister F. Siagian, M. P., Tarida A. Simanjuntak, M. P., Immanuel D. B. Silitonga, S.Pd., M. P., Anton Luvi Siahaan, S.E., M. S., Leonita Maria Efipanias Manihuruk, S.Pd., M. P., Winarto Silaban, M. P., & Imelda Sibarani, S.Pd., M. H. (n.d.). Model Pembelajaran Kooperatif.

Fadillah, D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di V SD Negeri 5 Sangia Wambulu. PROSA : Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/prosahttps://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.4008

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya’bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2023). Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar /Modul Pembelajaran. 1(was), 1–416.

Hasanah, A., Amelia, C. R., Salsabila, H., Agustin, R. D., Setyawati, R. C., Elifas, L., & Marini, A. (2023). Pengintegrasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran ipas: Upaya memaksimalkan pemahaman siswa tentang budaya lokal. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Hasanah, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Improving Student Learning Outcomes Using the PBL Model in Thematic Integrated Learning Class IV SD. 8.

Hasanah, T., & Zuryanty. (2022). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Era New Normal. Pgri, 1–23.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. In Edutrimedia Indonesia (Issue February). https://www.google.co.id/books/edition/MODEL_PEMBELAJARAN_IPA_SD/kxAeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran ipa&pg=PP1&printsec=frontcover&bsq=pembelajaran ipa

Kresnoadi, Anggraini, L. D., & Ain, N. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya dan Pengaruhnya terhadap Benda di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Journal GEEJ, 7(2), 1037–1045.

Maretiana, D. N., Ilah, & Ruhyanto, A. (2022). Pengaruh Model Pembelaaran Kooperatif Tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(1), 183–190.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar VI SD Negeri 24 Ganting Singgalang. 4(1), 149–157.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Mona Aulia, & Zuryanty. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV dengan Model Inkuiri Terbimbing di SDN 07 Sigiran Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. 5(4), 4558–4568.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. In Ganding (Vol. 44, Issue 8). http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019

Mulatsih, B. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru Penerapan Taksonomi Bloom Revisi pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan. 6(1), 1–10.

Munaroh, N. L. (2024). Asesmen dalam Pendidikan : Memahami Konsep,Fungsi dan Penerapannya. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 281–297.

Munawar, M., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2024). Implementasi Assesmen Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri 03 Pontianak Selatan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 521–533. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3387

Mutmainnah, Z., & Ningsih, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem-Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 172. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122565

Nababan Damayanti, Riana Rambe Alva Heike, & Wati Sitorus Dina Lisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Dalam Kelas. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 259–264. https://doi.org/10.62017/merdeka

Nadhifatul Ismiyah, K., Mahmudah, R., & Nurulqolbi, S. (2024). Kreativitas Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 762–767. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6559

Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Arianto, D., Wahab, A., Aini, A. N., Gede, D., Rai, A., Editor, B., & Prasetyo, A. H. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif.

Nisa, S., Winingsih, P. H., & Zusroni, A. (2024). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Pembelajaran IPA dengan Pendekatan TaRL melalui Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII. 3(1).

Nitiswito, T., & Maksum, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis TEFA pada Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Siswa Kelas XII SMK Rokan Hulu. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 7(2), 221. https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.113193

Rasmito, L., & Riniati, W. O. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Contextual Teaching and Learning Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar SD Negeri 2 Bataraguru. 400–407.

Rizal, R., & Ridwan, I. M. (2024). Analisis Pendidikan Nilai pada Konsep Gaya dan Hukum Newton. Diffraction, 5(2), 109–117. https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.10027

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.

Sofiah, Nst, I. W., Wardani, A. R., & Nur, K. (2025). Penerapan Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Sebagai Strategi Pembelajaran Aktif di Kelas. 1.

Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (n.d.). Buku Referensi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Suwintara, I. P., Astawan, I. G., & Adnyana, I. K. S. (2022). Hubungan Sikap Ilmiah dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa SD. 9, 376–385.

Tarumingkeng, R. C. (2024). Taksonomi Bloom (Issue December).

Ummi, A. K., & Zuryanty. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SD Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16603–16608.

Vallery, A. N., & Lena, M. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around di Kelas IV. Journal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15056–15065.

Wahyuni, S., Irmawanty, & Hambali, H. (2024). Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 85–95.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif : Konsep , Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. 5, 198–211.

Widiyati, C. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model Kooperatif CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV SDN Selogudig Wetan IV. 2, 84–93.

Wulan, N., Kusumawardani Rachma, A., & Khusna, N. (2024). Asesmen Diagnostik dalam Penentuan Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer. 10(4), 3948–3954.

Yulianti, N., Erita, Y., Fitria, Y., & Muhammadi. (2023). Development of Merdeka Curriculum Teaching Materials by Using the Kvisoft Flipbook Maker Application to Improve Student’s Competence Class IV In Elementary School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5198–5204. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4400

Yulianto, A. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sdn 42 Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 6–11. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas

Zakarina, U., & Ramadya, A. D. (2024). Integrasi Mata Pelajaran Ipa Dan Ips Dalam Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Penguatan Literasi Sains Dan Sosial Di Sekolah Dasar. Damhil Education Journal, 4, 50–56. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2487

Downloads

Published

2025-06-10